Ajak Masyarakat Nobar Debat, KPU: Harus Nonton Dong!

| 17 Jan 2019 08:30
Ajak Masyarakat Nobar Debat, KPU: Harus Nonton <i>Dong!</i>
Konpres KPU (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Pergelaran debat perdana capres-cawapes Pemilu 2019 tinggal menghitung jam. KPU mengimbau masyarakat, khususnya yang akan menggunakan hak pilihnya diharapkan menyaksikan jalannya debat.

"Ini penting bagi anda semua, untuk menjadikannya sebagai referensi untuk memilih pada tanggal 17 April 2019 yang akan datang," ujar Ketua KPU Arief Budiman kepada wartawan, Rabu (16/1).

Pagi ini, KPU melakukan gladi resik pukul 09.00 WIB di lokasi debat yaitu Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan gladi resik sebagai finalisasi persiapan debat nanti malam akan melibatkan semua pihak.

"Kami melibatkan semua, baik pihak hotel, media penyelenggara, TNI, Polri, Paspampres, juga Tim Kampanye Nasional paslon nomor urut 01 dan Badan Pemenangan Nasioal paslon 02," jelas Wahyu.

KPU menyediakan undangan kepada 500 orang. Rinciannya, 100 orang untuk pendukung pasangan calon Jokowi-Ma'ruf, 100 orang pendukung Prabowo-Sandi, dan 300 orang undangan dari KPU.

"300 orang itu menggambarkan ragam tokoh di indonesia dengan berbagai latar belakang. Kita mengundng mantan presiden dan mantan wapres, akademisi, duta besar negara sahabat, budayawan, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda," jelas dia.

KPU menyadari, kapasitas di ruang debat hanya mampu menampung 500 tamu undangan. Oleh karenanya, Wahyu bilang pihaknya telah mempersiapkan dua tempat bagi para pendukung tiap paslon bisa nonton bareng melalui layar lebar. 

"Dua tempat yang dimaksud adalah di luar hotel Bidakara, tetapi masih dalam area hotel. Dua tempat itu kita bermaksud untuk memisahkan pendukung 01 dan pendukung 02, agar dapat tercipta suasana yang kondusif, aman tertib dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak kita inginkan," jelas dia. 

Supaya kamu tahu, debat yang dimoderatori oleh Ira Koesno dan Imam Priyono itu akan diisi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari para pakar. 

Segmen keempat dan kelima adalah debat antar kandidat dengan pertanyaan yang diajukan masing-masing paslon. Dan terakhir segmen keenam ada closing statement dari masing-masing paslon. 

Rekomendasi