Imam Besar Al-Azhar Minta Muslim Timteng Rangkul Umat Kristiani

| 05 Feb 2019 10:47
Imam Besar Al-Azhar Minta Muslim Timteng Rangkul Umat Kristiani
Ilustrasi (Pixabay)
Abu Dhabi, era.id - Imam Besar Masjid sekaligus Universitas Al-Azhar di Mesir, Syekh Ahmed al-Tayeb, meminta umat Islam di Timur Tengah agar merangkul komunitas Kristen setempat.

Dilansir Antara, Selasa (5/2/2019), dalam pidatonya kepada umat Muslim dia mengatakan, "Terus rangkul saudara kamu, warga Kristen di manapun berada, karena mereka adalah mitra kita di negara ini," kata Imam Besar dalam sebuah acara yang disiarkan melalui televisi di Ibu Kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Paus Fransiskus.

Kemudian, ia menyapa kepada umat Kristiani dengan mengatakan, "kamu bagian dari negara ini. kamu warga negara bukan minoritas.. kamu adalah warga negara yang memiliki hak dan tanggung jawab yang penuh." 

Syekh Tayeb juga meminta umat Islam di negara Barat untuk berbaur dengan negara yang menjadi tuan rumah mereka dan menghormati hukum setempat.

Mesir mengandalkan ulama-ulama Al Azhar dalam pertempurannya memerangi kalangan penganut garis keras Islam. 

Al-Azhar menjadi tuan rumah bagi Paus Fransiskus pada 2017 untuk memperbaiki hubungan antara umat Islam dan umat Katolik.

 

Rekomendasi