Kali Bekasi Tercemar Hingga Muncul 'Salju'

| 09 Feb 2019 13:57
Kali Bekasi Tercemar Hingga Muncul 'Salju'
Penampakan kali Bekasi yang tercemar (Foto: Jamaludin/era.id)
Bekasi, era.id - Perairan kali Bekasi, Bekasi Timur, Kota Bekasi tercemar hingga menimbulkan busa yang muncul dari permukaan air kali, Sabtu (9/2/2019).

Pantauan era.id, busa yang timbul di perairan kali Bekasi terlihat seperti 'salju' yang turun di kali tersebut. Busa itu muncul sekitar pukul 10.00 WIB. Selain busa juga terlihat air yang berwarna hijau kehitaman. Busa tersebut diduga akibat adanya pencemaran air yang bersumber dari perusahaan yang membuang limbah ke kali itu.

Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto juga terlihat meninjau lokasi kali yang tercemar limbah hingga muncul busa yang melimpah. Tri mengaku akan segera menelusuri sumber limbah yang membuat kali tercemar.

"Jadi, secara kasat mata memang terjadi terlihat tercemar dari busa yang ada, oleh karena itu kami sudah menurunkan tim dan sudah mulai menelusuri kondisi kali Bekasi," ucap Tri kepada era.id.

Walau tercemar, kata Tri, kondisi kali Bekasi tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap, sehingga pihaknya akan mencari sumber limbah yang menyebabkan kali Bekasi berbusa.

"Karena mulai terjadinya adanya busa setelah bendungan, tapi kemudian ke hulunya hampir tidak ada kelihatan perubahan, walaupun memang sedikit hitam tapi karena memang kondisi air di hulu sedikit, tapi bau tidak ada dan ini kita sedang lacak dan kita akan lakukan tes di segmen mana yang kemudian terjadi pencemaran dan oleh sebab apa, oleh pabrik ataupun arah buangan di sepanjang kali Bekasi ini," tandasnya.

Salah satu warga yang tinggal di bantaran kali Bekasi mengaku kali Bekasi memang sering tercemar hingga mengeluarkan busa. Ia yang sedang asik memancing itu mengaku kesulitan mendapatkan ikan lantaran timbulnya busa tersebut.

"Iya ini lagi mancing daritadi gak dapat-dapat (ikan), pada kabur kali ini ikannya," ucap Udin.

 

Tags :
Rekomendasi