Viral Video Pembakaran Salju di Rusia dan Hasilnya Tidak Meleleh, Kok Bisa?

| 28 Jan 2021 11:22
Viral Video Pembakaran Salju di Rusia dan Hasilnya Tidak Meleleh, Kok Bisa?
Pembakaran salju di Rusia (Nikolai Super/YouTube)

ERA.id - Sedang ramai dibahas di Rusia soal eksperimen masyarakat di sana yang membakar bola salju, tetapi bola salju itu sama sekali tak meleleh. Kok bisa?

Alasan pertama, mereka menyimpulkan bahwa salju itu terbuat dari plastik. Padahal, ini semua bisa dijelaskan dengan fisika.

Dilansir dari Rusia Beyond, tantangan membakar salju bermula di Krasnodar krai, Rusia Selatan. Tak seperti di utara, hujan salju bukanlah fenomena umum di sana. Lagi pula, salju biasanya mencair dengan sangat cepat.

Saat ini, musim dingin di Rusia lebih "kelewatan" dibanding tahun-tahun sebelumnya. Makanya beberapa penduduk setempat mencari tahu bahwa mengapa salju di daerah mereka belum mencair.

Sebuah video yang dipublikasikan akun typodar di Instagram pada 12 Januari lalu memperlihatkan seorang pria memegang sebuah bola salju dan membakarnya dengan korek apai.

Salju tersebut dipegang cukup lama, sekitar 40 detik, tetapi anehnya bola salju itu tak mencair, malah menghitam hangus. “Apa yang seharusnya terjadi pada salju? Meleleh,” kata pria itu.

Akhirnya, karena kadung viral, penduduk lain ikut-ikutan membakar salju di rumah mereka masing-masing. “Ini bukan lelucon. Ia berasap, tetapi tak setetes (air) pun jatuh ke tangan saya, benar-benar terasa seperti plastik,” komentar seorang warga Krasnodar lain tentang percobaan bola saljunya.

Akhirnya, dicobalah untuk diteliti di Volgograd, di Rusia Selatan. “Setelah menonton video dari Krasnodar dan Rostov dan melihat bahwa salju di sana terbuat dari plastik, kami memutuskan untuk melakukan percobaan yang sama di Volgograd,” kata seorang perempuan yang membuat bola salju dan membakarnya dengan korek api.

“Ya, betul, salju tidak meleleh, bahkan tidak menetes. Ia malah meleleh seperti botol plastik biasa.” Dengan demikian, perempuan itu pun menyimpulkan bahwa mereka juga memiliki “salju plastik”.

Ternyata, fenomena ini mudah dijelaskan dengan sains. Bola salju adalah salju yang dipadatkan, dan memiliki konduktivitas termal yang tinggi. Tak akan ada setetes air pun yang keluar, sampai seluruh bola salju mendekati suhu leleh yang memberi kesan bahwa salju tidak mencair.

Sementara itu, jelaga dan bau “plastik” yang muncul berasal dari gas korek api yang terbakar. “Jika selama di sekolah Anda tak memperhatikan pelajaran Fisika, hidup Anda akan selalu dipenuhi dengan sihir!” begitulah reaksi orang Rusia lainnya terhadap video ini.

Tags : viral yang unik
Rekomendasi