Endoskopi Akan Tentukan Kepastian Rencana Operasi Sunarti

| 17 Feb 2019 10:29
Endoskopi Akan Tentukan Kepastian Rencana Operasi Sunarti
Pasien obesitas asal Karawang, Jawa Barat, dirawat di ruang Fresia 2 Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (Foto: Arie Nugraha/era.id)
Bandung, era.id - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan, hasil endoskopi akan menentukan kepastian jadwal operasi pengecilan lambung Sunarti, pasien obesitas asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Endoskopi adalah salah satu prosedur pemeriksaan medis untuk melihat kondisi saluran pencernaan dengan menggunakan alat endoskop yang merupakan suatu alat berbentuk seperti selang elastis dengan lampu dan kamera optik di ujungnya. Kamera akan menangkap setiap objek yang dituju dan ditampilkan pada monitor.

Menurut anggota tim dokter dari spesialis konsultan bedah digestif (bedah pencernaan) RSHS Bandung, Reno Rudiman, jika hasil pemeriksaan endoskopi diketahui lambung dalam kondisi baik, akan dilanjutkan operasi sesuai rencana. Tetapi kata Reno, apabila kondisi sebaliknya maka operasi akan ditunda atau dijadwal ulang.

"Operasi direncanakan tanggal 18 Februari. Rencana operasi Senin pagi," kata Reno, Bandung, Minggu (17/2/2019).

Reno menjelaskan secara umum dalam operasi tersebut, lambung akan diperkecil sehingga kapasitasnya hanya seperempat kapasitas lambung normal. Operasi itu ujar Reno, dengan menggunakan teknik laparoskopi, melalui beberapa lubang kecil di perut.

Laparoskopi adalah sebuah teknik melihat ke dalam perut tanpa melakukan pembedahan besar, walaupun awalnya adalah adalah prosedur ginekologi. Laparoskopi semakin sering digunakan dalam pembedahan cabang lain.

"Alatnya sudah siap yang namanya stappler," ujar Reno.

Kondisi Sunarti sehari jelang jadwal operasi dilaporkan baik setelah terapi diet. Berat badan pasien yang dirawat di ruang Fresia 2 RSHS itu mencapai 136 kilogram.

Meski sudah menjalani program diet ketat, pergerakan anggota tubuh Sunarti belum bisa gesit. Baru bisa berubah posisi setengah duduk atau duduk bersandar.

"Saat operasi berat badan tidak akan turun. Operasi mengecilkan kapasitas lambung yang tadi saya jelaskan," tutur Reno.

Tetapi yang pasti kata Reno, penurunan berat badan akan terjadi pasca pembedahan lambung. Jangka waktu penurunan berat badan secara bertahap ini terang Reno, berlangsung selama 2 tahun dan berat badan akan turun menerus. 

 

Rekomendasi