Kereta Anjlok Picu Tumpahan Minyak di Kanada

| 17 Feb 2019 11:56
Kereta Anjlok Picu Tumpahan Minyak di Kanada
Ilustrasi (Pixabay)
Winnipeg, era.id - Kereta milik Canadian National Railway Co (CN) anjlok pada Sabtu (16/2/2019) pagi di Kanada Barat hingga memicu tumpahnya minyak mentah yang masih belum diketahui jumlahnya.

Dinukil dari Antara, Minggu (17/2/2019), sebanyak 37 gerbong anjlok dekat St-Lazare, Manitoba. Kebocorannya telah mengontaminasi area sekitar, namun belum memasuki Sungai Assiniboine di dekatnya, kata juru bicara CN Jonathan Abecassis dalam pernyataannya.

Tidak ada korban cedera serta kebakaran yang ditimbulkan dari kecelakaan itu. Meskipun demikian, Abecassis mengatakan CN bersiap melakukan pembersihan tumpahan minyak dan memperbaiki lingkungan.

Anjloknya kereta itu terjadi saat pengiriman minyak menggunakan kereta di Kanada mencatatkan kenaikan pada tahun lalu. Peningkatan itu terjadi setelah melonjaknya produksi minyak di Provinsi Alberta di Kanada barat serta pemasangan jalur pipa.

Pengiriman minyak mintah menggunakan kereta secara umum dianggap tidak seaman melalui jalur pipa. Meskipun demikian, beberapa waktu lalu di bulan yang sama, jalur pipa Keystone milik TransCanada Corp di Missouri sempat mengalami kebocoran.

Masih di bulan yang sama, kereta milik Canadian Pacific Railway yang mengangkut gandum lepas kendali dan meluncur lalu anjlok ke tanggul yang curam saat diparkir di British Columbia. Peristiwa nahas itu menewaskan tiga krunya.

Badan regulasi industri kereta api Kanada Dewan Keselamatan Transportasi (TSB) mengatakan pihaknya telah mengirimkan beberapa peyelidik ke lokasi kejadian di Manitoba.

 

Rekomendasi