Trump Calonkan Kelly Craft untuk Dubes PBB

| 23 Feb 2019 16:14
Trump Calonkan Kelly Craft untuk Dubes PBB
Kelly Craft (Foto: Twitter @USAmbCanada)
Washington, era.id - Presiden Donald Trump mencalonkan Kelly Craft sebagai utusannya di PBB. Saat ini, Craft merupakan duta besar AS untuk Kanada.

Dinukil dari Washington Post, Sabtu (23/2/2019), Craft, salah satu pendonor terbesar dari partai Republik yang berasal dari Kentucky, muncul pekan ini sebagai pesaing berat untuk posisi tersebut berdasarkan rekomendasi Pemimpin Senat Mitch McConnell, yang juga berasal dari Kentucky.

Tidak diketahui pasti apakah Craft akan memegang jabatan setingkat Kabinet, seperti yang dilakukan duta besar sebelumnya Nikki Haley yang mengumumkan pengunduran dirinya pada musim gugur lalu.

Bagaimanapun juga, dia perlu ditetapkan oleh Senat AS.

"Kelly telah melakukan tugas luar biasa yang mewakili Negara kita dan saya tidak meragukan itu. Di bawah kepemimpinannya, Negara kita terwakili di tingkat tertinggi," kicau Trump di akun Twitter untuk mengumumkan keputusannya, Jumat (22/2/2019) waktu setempat.

 

Craft merupakan calon kedua yang diusulkan Trump untuk menggantikan Haley. Pilihan pertamanya, Heather Nauert, yang dicalonkan pada 7 Desember lalu mundur dari pengajuan karena alasan keluarga.

"Dua bulan terakhir menjadi masa-masa yang melelahkan bagi keluarga saya dan karena itu demi kebaikan keluarga saya, saya memutuskan mundur dari pengajuan," kata Nauert dalam sebuah pernyataan.

Nauert sebelumnya bertugas sebagai juru bicara Departemen Luar Negeri. Ia juga pernah menjadi pemandu acara Fox News Channel sebelum bergabung ke Departemen Luar Negeri.

Trump menuai kritikan dari Partai Demokrat setelah mengumumkan rencananya untuk mengajukan Nauert. Pihak Demokrat menganggap Nauert tidak memiliki pengalaman diplomatik yang cukup untuk menempati posisi itu.

 

Tags : donald trump
Rekomendasi