Bakal Cawapres AS Ini Pernah Tinggal di Jakarta

Tim Editor

Tammy Duckworth (Forbes)

ERA.id - Pilpres Amerika Serikat (AS) semakin dekat. Amerika Serikat akan melangsungkan pemilihan presiden pada 3 November mendatang.

Berbeda dengan petahana Donald Trump yang sudah memiliki calon wakil presiden, Mike Pence, Joe Biden sang lawan masih belum menentukan pilihan. Sejumlah nama masuk bursa cawapres dari partai Demokrat itu.

Dilansir dari CNN International, Selasa (11/8/2020), ada lima wanita yang dinominasikan jadi wakil Biden. Mereka adalah anggota Kongres dari California Karen Bass, Senator Ullinois Tammy Duckworth, Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, Dubes AS untuk PBB Susab Rice dan politisi Kamala Harris.

Dari sekian nama, Tammy Duckworth punya hubungan dekat dengan Indonesia. Perempuan yang kehilangan kakinya karena perang tersebut pernah tinggal dan bersekolah di Jakarta.

Seperti dilansir dari Los Angeles Times, Selasa (11/8/2020), mantan pilot pesawat tempur Angakatan Udara Amerika itu lahir di Bangkok, Thailand dan memang menghabiskan masa kecilnya di banyak negara Asia Tenggara. Bukan hanya RI dan Thailand, ia juga pernah tinggal di Kamboja, Singapura dan Laos.

Pekerjaan ayahnya sebagai staf PBB membawanya pada kehidupan yang berpindah-pindah, Di Indonesia, ia tinggal cukup lama dan bersekolah di Jakarta Intercultural School yang sekarang menjadi Jakarta International School (JIS).

Melalui laman facebook JIS, Duckworth sempat memberikan video ucapan Hari Perempuan Internasional ke alumni-nya itu.

"Hello everyone. Selamat Hari Perempuan Internasional. Namaku Tammy Duckworth, senator AS untuk Illanois dan alumni yang bangga Jakarta Intercultural School," katanya dalam bahasa Indonesia 

"Saya menghabiskan waktu di Indonesia, sudah lama sekali, di mana saya mulai di kampus Pattimura dan pindah ke Cilandak. Saya mendapatkan kenangan indah, belajar bahasa baru, bertemu teman, berpartisipasi di olahraga, dan berlibur. Saya sangat merindukan waktu di Indonesia," jelasnya.

Apakah Tammy bakal jadi Wapres Amerika? Kita tunggu saja.

Tag: amerika serikat

Bagikan :