Hottest Issue Rabu Pagi, 27 Februari 2019

Tim Editor

Ilustrasi Hottest Issue pagi (Ilham/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat pagi pembaca era.id, mengawali hari ini kamu punya sejumlah artikel menarik untuk kalian baca. Mulai dari kabar Timnas Indonesia yang berhasil menjuarai Piala AFF U-22 di Kamboja. Sampai kabar KPU yang kembali mengubah sejumlah aturan teknis pada pelaksanaan debat pemilu putaran ketiga. 

Tak hanya itu, ada kabar mengenai salah satu pantai di Indonesia yang berhasil menduduki peringkat 2 terbaik di Asia. Untuk kabar internasional, Presiden Donald Trump telah tiba di Hanoi untuk kembali menemui pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.


1. Indonesia Juara Piala AFF U-22



Tim nasional Indonesia menjadi juara Piala AFF U-22 setelah mengalahkan Thailand 2-1 pada partai final di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) malam. 

Dua gol dari Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Ardiles Haay mengantar Indonesia mengubur keunggulan yang sempat dimiliki Thailand melalui Saringkan Promsupa.

"Tentunya saya sangat bangga mencetak gol di partai final. Tapi ini bukan karena saya, karena kerja keras dari teman-teman semua. Saya mengucap syukur kepada Tuhan, Indonesia bisa menjadi juara. Intinya sangat berterima kasih, sungguh luar biasa mereka datang ke stadion. Juga suporter yang ada di Tanah Air. Sangat terima kasih kepada semuanya," ujar Osvaldo selepas pertandingan.

Ini kali kedua Indra Sjafri membawa Indonesia juara di tingkat AFF setelah menjuara Piala AFF U-19 pada 2013 silam.


2. Teknis Debat Ketiga Diubah

Komisi Pemilihan Umum akan mengubah sejumlah aturan teknis pada debat ketiga Pilpres 2019. Mulai dari pengurangan jumlah tamu undangan yang hadir, hingga tak adanya lagi pemutaran tayangan video yang akan ditanggapi kedua paslon saat debat nanti.

Keputusan itu diambil KPU setelah menggelar rapat bersama dengan Bawaslu dan kedua timses paslon capres-cawapres. Adapun pengurangan jumlah penonton debat lebih dikarenakan kapasitas ruangan yang tidak mencukupi dan suasana debat yang terlalu riuh.

"Total kursi kapasitas yang tersedia itu hanya sekitar 450. Jadi, akan lebih longgar. Diharapkan, itu lebih tenang nanti suasananya," kata Arief di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

Selain itu, pada debat putaran ketiga mendatang, KPU tak akan lagi memutar tayangan video singkat untuk ditanggapi kepada masing-masing kandidiat debat. Di mana sesi video ini sempat ditampilkan pada debat kedua.

Penghilangan video ini, kata Arief, mulanya diusulkan oleh kedua tim pasangan calon, baik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Sebab durasi video yang terlalu singkat membuat kedua paslon susah memahami dan gagal untuk menyampaikan jawaban atas pertanyaan dari video tersebut. 


3. Warna Salju di Rusia Jadi Hijau



Beberapa pekan terakhir Rusia mengalami sejumlah fenomena salju yang tidak biasa. Mulai dari warna salju hitam pekat yang menyelimuti kota Siberia, hingga salju hijau di beberapa tempat di kota Pervouralsk.

Melansir dari Daily Mail, Senin (26/2/2019) fenomena tak biasa ini terjadi karena polusi udara yang terjadi di Rusia. Fenomena salju berwarna ini memicu kekhawatiran terkait lingkungan yang telah ditanggapi dengan aksi protes, dan menuai tindakan keras dari pihak berwenang.
 

Di mana salju berwarna hitam pekat di Kemerivi diakibatkan oleh polusi pabrik batu bara sehingga membuat jalanan menjadi gelap dan kotor. Sedangkan penduduk di Pervouralsk merasa khawatir karena salju yang terkontaminasi bahan kimia dari Pabrik Krom mengubah warna salju putih menjadi hijau asam.



4. Pantai Terbaik di Dunia Ada di Bali



Situs perjalanan TripAdvisor baru saja merilis Travelers' Choice Awards 2019. Salah satu kategorinya adalah pantai terbaik di dunia. Ada 25 pantai di berbagai belahan dunia yang masuk dalam daftar ini.

Nah, pantai di Indonesia juga masuk dalam 25 pantai terbaik dunia, yaitu Pantai Kelingking di Nusa Dua, Bali. Pantai tersebut berada di urutan ke-19. Sedangkan dalam daftar pantai terbaik di Asia, Pantai Kelingking berjaya di posisi kedua, serta meraih peringkat satu di kategori pantai terbaik se-Indonesia.

Pantai Kelingking memang menyajikan pemandangan alam yang menawan. Bentuk tebing di pantai yang unik dan suasana sekitar yang syahdu membuat wisatawan pastinya betah berlama-lama di sana.

5. Trump Tiba di Vietnam

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Vietnam. Keduanya akan melakukan KTT kedua mereka pada Rabu (27/2) besok. 
 

Dilansir Reuters, Selasa (26/2/2019), Trump tiba di Hanoi dengan menumpang Air Force One sekitar sebelum pukul 9 malam. 

Sementara Kim Jong Un tiba lebih awal pada Selasa (26/2) pagi dengan menumpang kereta setelah perjalanan selama 3 hari dari Pyongyang dan melaui jalur darat China. Dari stasiun di perbatasan, Kim Jong Un menumpang mobil menuju ke Hanoi. 
 

KTT kedua ini digelar delapan bulan setelah KTT pertama yang sangat bersejarah di Singapura pada Juni 2018 lalu. KTT kedua ini diharapkan akan menghasilkan kesepakatan akhir soal senjata nuklir Korut yang dianggap mengancam AS. 

Tag: hottest issue

Bagikan: