Nur Asia Uno: Hari Perempuan Internasional dan Peran Aktifnya

| 08 Mar 2019 18:47
Nur Asia Uno: Hari Perempuan Internasional dan Peran Aktifnya
Istri Sandiaga Uno, Nur Asia Uno merayakan Hari Perempuan Internasional (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Istri calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, Nur Asia Uno atau Mpok Nur meminta kaum perempuan turut membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Artinya, kaum perempuan Indonesia harus lebih aktif mengambil peran dalam pertumbuhan ekonomi negeri ini.

Hal ini disampaikan Nur Asia Uno dalam rangka memperingati International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional 2019, yang mengusung keseteraan perempuan dalam kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik.

"Salah satu faktor penting dalam menetapkan keberhasilan pembangunan, dilihat dari bagaimana status dan posisi kaum perempuan di dalam masyarakat. Ini artinya, kaum perempuan harus bangkit tanpa menunggu, untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam setiap proses pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia," katanya, Jumat (8/32019).

Dalam kesempatan ini, Nur mengunjungi sejumlah tempat usaha dari berbagai industri, yang dikelola oleh kaum perempuan Indonesia di seputar Jabodetabek. Di antaranya, Workshop Fashion Rani Hatta dan Restoran Tsamara yang dikelola Ibu Irda di kawasan Cibubur.

Nur menjelaskan, menurut data Bank Indonesia, tahun 2018, jumlah UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 57 juta di mana 60 persen atau 37 juta UMKM dikelola oleh perempuan.

"Ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kewirausahaan perlu diperhatikan dan diasah agar dapat menjalankan usaha secara optimal," jelasnya.

Selain itu, Nur juga mengingatkan, perlunya membaca peluang yang ada di sekitar dan memanfaatkannya dengan cara menggerakkan sumber daya yang ada untuk meraih sukses.

"Bagi yang suka memasak, menjahit, ataupun berkriya, gunakan kemampuan tersebut sebagai peluang bisnis dengan menampilkan produk yang khas, atau bagi yang memiliki kemampuan lainnya semisal pengelolaan sosial media atau mendesain, dapat dimaksimalkan sebagai modal sarana pemasaran dan penjualan," ucapnya.  

Nur menambahkan, dalam setiap kegiatan usaha yang dilakukan, sangat penting membuat perencanaan yang baik dan kemampuan membuat keputusan yang tepat dan cepat dalam berusaha. Selain itu, juga mengelola keuangan dan sumber daya manusia, kemampuan melakukan kalkulasi bisnis, berinovasi dengan kreativitas dan mengikuti perkembangan tren pasar, serta keterampilan dalam branding dan pemasaran.  

"Jadi mari kita manfaatkan peluang besar dari ekonomi kreatif dengan memanfaatkan informasi teknologi serta sarana pemasaran offline maupun online," tutupnya.

Rekomendasi