Ruwetnya Proses Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu

| 11 Mar 2019 17:20
Ruwetnya Proses Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu
Proses sortir dan lipat surat suara (Arie Nugraha)

Bandung, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mengerahkan 550 petugas penyortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 dimulai pada hari ini. Surat suara yang tengah disortir dan dilipat oleh petugas itu merupakan enam jenis surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Kota Bandung.

Menurut Ketua KPU Kota Bandung, Suharti, proses sortir dan lipat surat suara Pileg DPRD Kota Bandung dilakukan per daerah pemilihan (dapil). Tujuannya, kata Suharti, agar tidak terjadi surat suara tertukar.

"Dan kita pastikan yang kita kerjakan adalah surat suara DPRD kota, karena DPRD Kota Bandung berarti ada enam jenis surat suara. Ada Dapil 1 sampai Dapil 6, supaya menghindari ada surat suara yang tertukar atau terselip masuk ke dapil yang lain, hari ini semuanya mengerjakan surat suara Dapil Kota Bandung 4 yang posisinya memang gudangnya di depan aula ini," kata Suharti di aula STT Mandala, Jalan Mandala, Bandung, Senin (11/3/2019).

Suharti mengatakan, jumlah surat suara pileg Dapil Kota Bandung 4 yaitu sebanyak 315.642 lembar. Sementara untuk surat suara pileg Dapil Kota Bandung 1 sebanyak 271.959 lembar, surat suara pileg Dapil Kota Bandung 2 sebanyak 304.977 lembar, surat suara pileg Dapil Kota Bandung 3 sebanyak 232.086 lembar, surat suara pileg Dapil Kota Bandung 5 sebanyak 260.650 lembar dan surat suara pileg Dapil Kota Bandung 6 sebanyak 390.035 lembar.

Dengan total jumlah surat suara yang harus disortir dan dilipat itu, jelas Suharti, belum diketahui durasi yang dibutuhkan dalam satu harinya. Suharti menuturkan hasil penyortiran dan pelipatan pada hari pertama ini akan menjadi tolok ukur jangka waktu yang diperlukan.

"Hari pertama ini akan menjadi bahan evaluasi kita. Dalam sehari dengan 550 pekerja ini, kita akan menyelesaikan berapa banyak sortir lipat. Sehingga untuk hari ke depannya, kita bisa mengevaluasi, berapa sih jumlah tenaga kerja yang kita butuhkan dan butuh berapa lama waktu untuk menyelesaikan pekerjaan."

Untuk surat suara Pileg 2019 lainnya seperti surat suara Pileg tingkat Jawa Barat dan DPR RI telah diterima oleh KPU Kota Bandung. Keberadaannya kini disimpan di gudang logistik, tak jauh dari lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara.

Sampai saat ini, belum ditemukan surat suara yang rusak ataupun mengalami gagal cetak oleh petugas sortir dan lipat KPU Kota Bandung. Hasilnya nanti akan diketahui pada kegiatan sortir dan lipat berhenti.

Tags : pemilu 2019 kpu
Rekomendasi