KPU Daerah Diminta Siapkan Mitigasi Bencana

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Bandung, era.id - Untuk menjaga keamanan logistik Pemilu 2019 dari bencana alam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat meminta KPU di setiap kabupaten/kota untuk menyiapkan mitigasi bencana.

Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok bilang, pihaknya berencana melakukan petunjuk teknis soal mitigasi bencana tersebut. Menurutnya, mitigasi bencana dianggap penting mengingat kondisi cuaca yang selalu berubah-ubah.

"Setelah selesai semua proses sortir lipat dan pengesetan, kita akan fokus untuk distribusi logistik ini. Nah untuk bisa dilakukan secara lancar, maka diharapkan KPU kota/kabupaten bisa melakukan mitigasi di masing-masing daerah kemungkinan terjadi. Kan yang tahu soal itu (bencana) kota/kabupaten," kata Rifqi di Bandung, Senin (25/3/2019).

Rifqi menjelaskan, distribusi logistik Pemilu 2019 di Jawa Barat, paling lambat dilakukan pada akhir bulan Maret 2019 ini. Pada akhir bulan itu, seluruh logistik Pemilu 2019 dikirimkan ke kecamatan.

Tenggat waktu distribusi logistik itu ditargetkan dalam rentang waktu 10 hari sebelum hari pemilihan. Sementara dari kecamatan, maksimal selama tiga hari dilakukan proses distribusi ke tempat pemungutan suara (TPS).


Infografik partai peserta Pemilu 2019. (era.id)

"Di kecamatan itu sudah dipastikan tidak ada lagi logistik yang rusak. Untuk batas waktu pengajuan penambahan logistik ke KPU pusat, pada akhir bulan Maret ini. Agar tidak terjadi kekurangan logistik kita melakukan penataan ulang TPS," ujar Rifqi.

Tujuan penataan ulang TPS, kata Rifqi, agar pemilih tambahan dapat dilayani di masing-masing TPS. Alasannya, tiap TPS hanya dapat menampung maskimal 300 pemilih. Hal itu disebabkan karena ada beberapa TPS yang tidak mencapai 300 pemilih, sehingga kouta tiap TPS terpenuhi, maka pemilih tambahan akan didaftarkan.

Rifqi menuturkan ketersediaan logistik Pemilu 2019 berupa surat suara, telah diterima oleh seluruh KPU kabupaten/kota. Namun, hanya beberapa daerah yang masih menunggu kiriman lanjutan lima jenis surat suara.

Proses sortir dan lipat surat suara tengah berlangsung di 27 kabupaten kota. Dalam proses tersebut telah ditemukan surat suara yang rusak dan tengah diajukan penggantian ke KPU pusat. Targetan rampungnya proses sortir dan lipat surat suara di Jawa Barat adalah pada pekan ke tiga bulan Maret 2019. 

Tag: pemilu 2019

Bagikan: