Mencari Tahu Persiapan Panelis Jelang Debat Ketiga

| 12 Mar 2019 15:45
Mencari Tahu Persiapan Panelis Jelang Debat Ketiga
Debat Pilpres 2019 pertama (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Tim perumusan pertanyaan debat ketiga antar calon wakil presiden Pemilu 2019 telah ditentukan. Ada sembilan nama yang disepakati. Mereka terdiri atas akademisi, anggota lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta budayawan.

Hari ini, mereka berkumpul dalam ruangan, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, untuk berdiskusi dan menyamakan pandangan dan akar masalah terhadap tema yang digagas dalam debat dan meminta pandangan tokoh masyarakat sebelum menyusun pertanyaan.

"Setelah panelis melakukan forum group discussion (FGD), mereka langsung merumuskan daftar pertanyaan," tutur Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menambahkan, FGD ini merupakan mekanisme baru. Tujuannya, untuk memberi masukan dan memperkaya khazanah panelis menyusun materi.

Setelah menyamakan persepsi dan tercukupnya khazanah soal tema debat, panelis akan menandatangani pakta integritas penyusunan pertanyaan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kerahasiaan daftar pertanyaan yang akan disusun nanti. 

Sampai pada sesaat sebelum debat dimulai, pertanyaan akan dicermati oleh moderator agar bisa disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami peserta debat dan masyarakat yang menonton, baik di dalam ruangan debat maupun dari televisi penyelenggara.

Biar kamu tahu, berikut adalah nama-nama panelis yang telah ditetapkan KPU untuk menyusun pertanyaan debat ketiga dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

1. Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu.

2. Mantan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Prof. Dr. Chairil Effendy MS. Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara) dan pegiat budaya.

3. Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng.

4. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. KH. Yudian Wahyudi.

5. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof. Subhilhar, MA, Ph.D 

6. Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana 

7. Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah 

8. Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K) 

9. Rektor Universitas Diponegoro Prof H Yos Johan Utama SH M.Hum

Debat yang akan diselenggarakan di Hotel Sultan pada 17 Maret nanti dimoderatori oleh Alvito Dinova dan Putri Ayuningtyas. Debat ini diselenggarakan oleh Trans 7, Trans TV, dan CNN Indonesia TV. Tema debat ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. 

Rekomendasi