2 Panelis Debat Capres dari Unhan, Ketua KPU RI: Mereka Punya Integritas

| 05 Jan 2024 21:27
2 Panelis Debat Capres dari Unhan, Ketua KPU RI: Mereka Punya Integritas
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari. (Antara)

ERA.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari meyakini, para panelis di debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memiliki kapasitas dan berintegritas.

Hal itu menanggapi polemik adanya dua panelis dalam debat Pilpres 2024, yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan). Adapun debat ketiga ini diikuti oleh calon presiden (capres), salah satunya Prabowo Subianto yang masih menjabat sebagai menteri pertahanan (menhan).

"Soal panelis ini berasal dari berbagai macam sumber atau kelembagaan. Tapi kami meyakini bahwa beliau-beliau ini punya kapasitas, punya integritas akademik yang dijaga atau dipertahankan," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Lagipula, belum tentu capres tertentu mendapatkan pertanyaan dari panelis tertentu pula. Sebab, seluruh pertanyaan nantinya akan dipilih secara acak oleh masing-masing calon.

"Itu mekanisme pengambilannya undi secara bertingkat. Jadi, begitu diambil tema apa, kemudian dapat nomor berapa," papar Hasyim.

"Jadi kalau ada 18 pertanyaan dan kesempatan untuk seperti itu sudah pasti juga tidak semua pertanyaan akan diperoleh karena memperolehnya melalui mekanisme undi yang kita sama-sama tahu dilakukan secara transparan," imbuhnya.

Selain itu, semua panelis yang terpilih sudah mendapat persetujuan dari masing-masing tim suskses capres.

"Jadi kita meyakini semuanya punya integritas lah para panelis itu," tegasnya.

Adanya dua panelis dari Unhan ini menjadi polemik. Sebab, Unhan merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Pertahanan (Kemanhan), di mana Prabowo Subianto masih menjadi menhan sekaligus Capres nomor urut dua.

Debat ketiga Pilpres 2024 akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (7/1) malam. Tema yang diangkat adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

Debat ketiga ini hanya diikuti oleh tiga capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Tags : kpu Panelis unhan
Rekomendasi