Rumah Siap Kerja Sandi Bisa Kurangi Pengangguran?

| 19 Mar 2019 19:47
Rumah Siap Kerja Sandi Bisa Kurangi Pengangguran?
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno saat berkampanye di Banyuwangi (Foto: Istimewa)
Banyuwangi, era.id - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno berjanji, jika terpilih dan diberikan kepercayaan untuk memimpin, dia bersama Prabowo Subianto akan membuat program Rumah Siap Kerja dan One Kecamatan One Center Entrepreneur (OK OCE).

Meski belum terpilih, Sandi mengatakan, saat ini sudah banyak tawaran kerja sama untuk membangun Rumah Siap Kerja, salah satunya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

"Di Banyuwangi, sudah ada tawaran. Kalau ada anggota masyarakat dunia usaha ingin bekerja sama, Rumah Siap Kerja bisa dihadirkan dengan konsep kemitraan,” ujar Sandi, seperti dilansir Antara, Selasa (19/3/2019).

Program Rumah Siap Kerja dan OK OCE ini ditawarkan Sandi dalam debat calon wakil presiden 17 Maret, pada segmen isu ketenagakerjaan.

Dia menjelaskan, Rumah Siap Kerja merupakan salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi sulitnya mendapatkan lapangan kerja, terutama untuk para milenial.

Selain mempermudah mencari pekerjaan, Rumah Siap Kerja juga menawarkan bimbingan karier, minat dan bakat. Kata Sandi, program ini mempersiapkan angkatan kerja yang inovatif, kreatif dan tangguh. 

Sandi yakin, program ini akan menurunkan dua juta pengangguran usia muda. Karena, katanya, mayoritas pengangguran ada pada rentang usia 15-24 tahun.

Selain Rumah Siap Kerja, Sandi juga punya program OK OCE. Ini adalah program penciptaan lapangan kerja yang digagas oleh Sandi untuk menolong mereka yang ingin berwirausaha. Selain itu, juga memberikan keleluasaan bagi mereka yang ingin menentukan masa depan mereka dengan berwirausaha.

Mantan Wakil Gubernur DKI ini bilang, banyak unsur masyarakat yang akan dilibatkan dalam Rumah Siap Kerja dengan konsep "Public Private People Partnership" (4P).

"Rumah Siap Kerja membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk bekerja sama, termasuk dari sektor swasta untuk meluaskan sayap Rumah Siap Kerja," tuturnya.

Rekomendasi