Jokowi: Pilih Pemimpin Jangan Coba-coba

Tim Editor

Jokowi dalam acara deklarasi (Tsa Tsia/era.id)

Jakarta, era.id - Capres nomor urut 01 Joko Widodo tegaskan masyarakat harusnya memilih pemimpin yang berpengalaman. Apalagi Indonesia adalah bangsa yang besar dan beragam.

Hal ini dia sampaikan dalam acara 'Deklarasi Dukungan 10.000 Pengusaha Untuk Jokowi-Amin'. Kata capres petahana ini, Indonesia dengan 17 ribu pulau perlu nahkoda yang berpengalaman. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bilang, dirinya beruntung punya pengalaman politik yang panjang.

Dia kemudian menyinggung pengalamannya menjadi pemimpin. Kepada para pengusaha dia menceritakan pengalamannya menjadi Walikota Solo selama dua periode, kemudian pengalamannya memimpin Jakarta sebagai Gubernur DKI jakarta, dan terakhir menjadi presiden selama 4,5 tahun.

"Pengalaman itu memberikan keuntungan kepada saya dalam mengelola, menakhodai kapal besar negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Jokowi kemudian bilang, di awal masa kepemimpinannya sebagai Walikota Solo dia masih perlu adaptasi. Apalagi, awalnya dia menyebut dirinya adalah seorang pengusaha yang tentu berbeda dengan dunia politik.

"Dari pengusaha masuk ke dunia pemerintahan. Sunia politik berbeda total, Itu baru pada posisi di wali kota. Bayangkan yang namanya negara sebesar ini, yang di situ terdapat 514 kabupaten dan kota," ungkapnya.

Dia menyebut, jika menjabat sebagai Walikota Solo saja dia butuh waktu selama dua tahun untuk adaptasi lantas bagaimana mungkin sebuah negara besar dipimpin oleh orang yang tak berpengalaman.

"Walikota saja, saya belajar dua tahun apalagi Presiden. Artinya apa, jangan diberikan yang masih coba coba, gitu loh. Setuju enggak?" tanyanya pada pengusaha yang hadir.

"Setuju!" jawab para pengusaha itu.

Supaya kalian tahu, para pengusaha ini menyampaikan dukungan pada paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Sebelum acara deklarasi dimulai, Penasehat Pengusaha Pekerja Pro Jokowi (KerJo) dan tokoh pengusaha nasional, Sofjan Wanandi bilang, para pengusaha menilai Jokowi merupakan figur terbaik untuk memimpin republik Indonesia ke depan.

"Kami ingin yang pasti-pasti saja. Kalau Pak Jokowi kami sudah tahu track record beliau," ungkapnya.

Para pengusaha yang mendeklarasikan dukungan ini, disebut Sofjan berasal dari tokoh dan pimpinan dari berbagai organisasi pengusaha dan asosiasi dunia usaha. Tapi, kehadiran mereka bukan berdasarkan kehendak pribadi dan tidak mengatasnamakan organisasi maupun perusahaan.

Sebagai simbol dukungan, dalam acara deklarasi dan setelah perwakilan pengusaha menyatakan dukungannya, capres nomor urut 01 ini juga menerima helm proyek sebagai lambang dukungan. 

Hadir dalam acara ini Ketua Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir; Direktur Penggalangan Pemilih Muda TKN Jokowi-Ma'ruf, Bahlil Lahadalia. Sedangkan sejumlah pengusaha yang hadir adalah Sofjan Wanandi, Arifin Panigoro, Boy Thohir, Bobby Gafur Umar, Rosan Roeslani, Ali Markus, Anindya Bakrie, Haryadi Sukamdani, Sinta Kamdani dan Karaniya Dharmasaputra.

Tag: jokowi-maruf amin pemilu 2019 pemilu

Bagikan: