KPU Sebut Kampanye Terbuka Perdana Berjalan Lancar

| 25 Mar 2019 11:26
KPU Sebut Kampanye Terbuka Perdana Berjalan Lancar
Kantor KPU (era.id)
Jakarta, era.id - Kampanye terbuka paslon peserta Pemilu 2019 berjalan sejak kemarin, 24 Maret. Menurut jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), kampanye rapat umum ini akan berjalan hingga sehari sebelum masa tenang, atau 13 April.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menilai, pelaksanaan kampanye yang mengerahkan massa dalam jumlah banyak di ruang terbuka pada hari pertama berjalan dengan lancar. Dia menilai, tidak ada masalah yang berarti dari pelaksanaannya.

"Berdasarkan laporan dari KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota, juga laporan dari tim monitoring KPU RI, kemarin dalam kampanye rapat umum tidak ada permasalahan yang berarti," ucap Wahyu saat dihubungi, Senin(25/3/2019).

Seingat Wahyu, peserta pemilu, baik pasangan capres-cawapres maupun partai politik sudah memberikan surat yang sifatnya pemberitahuan tentang pelaksanaan kampanye terbuka. 

Tapi, Wahyu tidak ingat peserta pemilu mana saja yang telah memberikan jadwal lengkap sampai tanggal hari akhir tanggal 13 April dan yang belum memberitahu jadwal lengkapnya. 

"Pada prinsipnya, paslon dapat memberitahukan jadwal untuk 21 hari itu, dapat juga per minggu, dapat juga ukuran waktu yang lain. Itu terserah kepada masing-masing paslon," ungkap Wahyu. 

"Yang jelas, paslon wajib memberitahu kpu dan bawaslu terkait dengan jadwal kampanye rapat umum," tambahnya. 

Untuk kamu tahu, pasangan capres-cawapres, baik nomor urut 01 maupun nomor urut 02 telah melaksanakan kampanye rapat umum di hari pertama di klasifikasi zona yang telah ditetapkan KPU. Paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin menggelar kampanye terbuka di Banten yang masuk dalam zona B. 

Sementara itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar kampanye terbuka pertama di Manado, dan Sandiaga Uno di Sragen. Keduanya termasuk dalam zona A. 

Rekomendasi