Lagi, Anggota DPR Terciduk OTT KPK

| 28 Mar 2019 09:50
Lagi, Anggota DPR Terciduk OTT KPK
Gedung KPK (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini pihak yang ditangkap dalam operasi senyap itu lagi-lagi anggota DPR RI.

Meski tak menyebut namanya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah bilang saat ini anggota DPR itu tengah diperiksa oleh penyidik.

"Dini hari tadi, KPK mengamankan satu orang anggota DPR RI. Saat ini sedang proses pemeriksaan lebih lanjut di Gedung KPK," kata Febri kepada pewarta, Kamis (28/3/2019).

Operasi senyap itu, disebut-sebut terkait distribusi pupuk yang dilakukan dengan kapal. Enggak cuma anggota DPR sebenarnya, sebelumnya, KPK juga sudah mengamankan tujuh orang lainnya yang diduga terlibat dalam transaksi itu.

Adapun unsur yang diamankan oleh satgas lembaga antirasuah itu terdiri dari direksi BUMN, pihak swasta, dan pengemudi. Selain mengamankan delapan orang itu, KPK juga mendapatkan barang bukti transaksi berupa uang dalam pecahan rupiah dan dolar Amerika Serikat (AS). 

Namun, Febri juga belum menyebut berapa jumlah uang yang dijadikan barang bukti tersebut. "Nanti informasi lebih detail terkait dengan jumlah, juga pecahannya akan disampaikan dalam konferensi pers lebih lanjut," imbuh Febri.

Supaya kalian tahu, setelah menggelar operasi tangkap tangan, KPK biasanya punya waktu 1x24 jam untuk menentukan pihak yang lantas dijadikan tersangka. Penetapannya pun, seperti biasanya akan dilakukan melalui konferensi pers oleh pimpinan KPK.

 

Rekomendasi