Timses Jokowi Pertanyakan Margin Error Survei Internal BPN

| 09 Apr 2019 18:05
Timses Jokowi Pertanyakan <i>Margin Error</i> Survei Internal BPN
Wakil Ketua Tim TKN, Jokowi-Ma'ruf Arsul Sani (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi-Ma'ruf Arsul Sani, mengkritisi hasil survei internal yang dikeluarkan oleh paslon no 02 di Pilpres 2019.

Di mana hasil survei tersebut menyatakan pasangan Prabowo-Sandi unggul 62 persen dibandingkan Jokowi-Ma'ruf Amin. Kata Arsul, merasa heran dengan hasil tersebut sebab tidak memberitahukan berapa jumlah margin of errornya.

“Bagaimana survei kok tidak ada margin of error-nya. Yang disurvei malaikat apa?,” katanya, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sealsa (9/4/2019).

Supaya kamu paham, Direktur Kampanye BPN Prabowo-Sandi, Sugiono merilis, hasil survei internalnya. Berdasarkan data timnya, Sugiono bilang, pasangan calon Prabowo-Sandi unggul dengan 62 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf hanya 38 persen saja.

Memang dalam kesempatan itu Sugiono tidak menyebutkan secara gamblang hasil survei internalnya. Sugiono hanya mengungkap, bahwa hasil survei itu dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 1440 responden dari 34 Provinsi.

Arsul menilai, seharusnya kalau survei internal hasilnya harus lebih besar dari apa yang sudah ditunjukkan saat ini.

“Saya yakin kalau surveinya internal BPN malah mereka unggul 80 persen,” ucapnya.

Namun, pada kesempatan ini Arsul tidak mengungkapkan hasil survei internal yang dilakukan TKN Jokowi-Ma'ruf terkait dengan posisi capres-cawapres nomor urut 01 ini. Dia menegaskan, soal pilihan pihaknya mengembalikan kepada masyarakat.

Rekomendasi