Ada Bung Karno di Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf?

| 13 Apr 2019 15:19
Ada Bung Karno di Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf?
Bung Karno 'KW' saat acara kampanye terbuka paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Siapa yang tak kenal dengan Soekarno? Ya, beliau adalah Proklamator sekaligus Presiden Pertama RI.  Tapi siapa yang sangka kalau Bung Karno yang lahir pada 1901 dan meninggal pada 1970 itu tiba-tiba ada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Tenang, ini bukan soal mistis kok. Dia adalah Teguh Boediyono. Menggunakan setelan jas dan celana hitam serta berdandan ala Bung Karno, sontak saja, sosoknya jadi sasaran foto para pendukung Jokowi-Ma'ruf yang hadir dalam kampanye akbar bertajuk Konser Putih Bersatu.

Pria berusia 68 tahun ini mengaku sudah sering berpakaian mirip Bung Karno sejak lima tahun lalu tepatnya saat kampanye 2014. 

Staf Khusus Menteri Koperasi ini mengaku, baru di tahun itu dia berani berdandan mirip Bung Karno meski sebelumnya, banyak yang mengatakan dirinya mirip dengan bapak bangsa tersebut. Teguh kemudian bercerita, dia baru sadar mirip Bung Karno saat ibadah haji tahun 2008.

"Waktu di dalam bis ada orang tua dari jawa timur bilang saya mirip Bung Karno. Saya tak pedulikan awalnya," kata Teguh kepada wartawan di GBK, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dia pun enggak menyangka kalau dandannya seperti Sukarno bakal menarik perhatian banyak orang. Teguh mengaku senang dengan perhatian dan sambutan positif masyarakat atas cosplay yang ia perankan. 

Menurutnya, dandanan tersebut semata dia lakukan agar masyarakat tak lupa sosok Soekarno dan pemikiran-pemikiran beliau.

"Banyak hal yang ditinggalkan Bung Karno yang bermanfaat untuk negara ini, kemudian semangatnya untuk berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya. Ini kan pemikiran-pemikiran yang perlu dipelihara," katanya.

Saat ini, Teguh sudah memiliki lima stel baju yang mirip dengan pakaian Soekarno ketika masih menjabat presiden. Dia juga punya empat tongkat replika yang kerap dibawa Seokarno semasa hidupnya.

Teguh mengaku tak dipaksa atau disuruh siapapun untuk berkostum seperti Seokarno. Dia berinisiatif sendiri untuk menghibur masyarakat dan mengingatkan warga akan sosok Soekarno.

 

Tags : pilpres 2019
Rekomendasi