Katedral Notre Dame Terbakar, Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa

Tim Editor

Kebakaran Katedral Notre Dame (Twitter)

Jakarta, era.id - Kebakaran melanda Gereja Katedral Notre Dame, Paris, Prancis Senin (15/4) waktu setempat. Kobaran api yang melalap salah satu landmark yang paling banyak dikunjungi di Prancis.

Mengutip dari CNN, kepulan asap hitam dan api dengan cepat membesar dan meruntuhkan puncak menara dari gereja yang dibangun pada abad 12 itu. Tim pemadam kebakaran mengerahkan 400 anggota dari seluruh Perancis, termasuk menggunakan 18 selang bertekanan tinggi dan berjibaku selama berjam-jam.

Meski penyebab pasti kebakaran belum diketahui, petugas kebakaran menduga kejadian ini berkaitan dengan renovasi bangunan yang sedang berlangsung. Renovasi dilakukan agar bangunan yang telah berdiri selama 850 tahun itu dapat lebih kuat menghadapi perkembangan waktu.
 

Presiden Perancis Emmanuel Macron yang meninjau langsung Notre Dame tak kuasa membendung air matanya. Macron mengatakan kebakaran yang melanda situs warisand dunia UNESCO itu meninggalkan kesedihan di warga Prancis. Mengingat, Notre Dame merupakan gereja bersejarah.

Macron juga berencana akan melakukan penggalangan dana untuk membantu pembangunan Gereja Notre Dame. 
 

Ucapan belasungkawa atas kebakaran yang melanda Gereja Katedral Notre Dame, Perancis juga disampaikan pemimpin-pemimpin dunia. Beberapa di antaranya dari Perdana Menteri Inggris Theresa May, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan juga Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
 

Hal senada juga disampaikan Merkel. Melalui juru bicaranya Merkel turut berduka dengan insiden kebakaran hebat yang melanda situs warisan dunia UNESCO itu. 
 

Melalui akun Twitter pribadinya, Trump juga menyampaikan belasungkawa ata kebakaran yang melanda Gereja Katedral Notre Dame. Trump juga memberikan sarannya agar kebakaran pada situs warisan dunia itu cepat padam.
 

Katedral Notre Dame merupakan bangunan kuno yang dibangun pada abad 12 lalu sekitar tahun 1163-1345. Bangunan ini merupakan salah satu lokasi wisata yang disukai turis dan menarik perhatian 13 juta orang setiap tahun.

Di tempat itu pula, Napoleon Bonaparte mengumumkan diri sebagai Kaisar Perancis. Katedral ini juga tampil dalam novel klasik Victor Hugo 'The Hunchback of Notre-Dame'. 

Puncak katedral juga telah beberapa kali direnovasi. Renovasi perlu dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan perkembangan waktu, polusi, dan udara.

 

Tag: kebakaran hutan pemerintahan prancis hari perempuan internasional

Bagikan: