Restorasi Katedral Notre Dame, Ubisoft Gratiskan Game Assassin's Creed Unity

Tim Editor

Gereja Katedral Notre Dame dalam game Assasin's Creed (Ubisoft)

Jakarta, era.id - Kebakaran tragis menimpa Gereja Katedral Notre Dame di Paris. Berbagai upaya untuk merestorasi bangunan berusia 850 tahun akan dilakukan. Salah satu upayanya mungkin bisa terbantu oleh game Assassin's Creed.

Ya kalian tidak salah dengar, game Assassin's Creed: Unity keluaran 2014 itu mungkin bisa membantu merestorasi bangunan Gereja Katedral Notre Dame. Sebab latar belakang game terjadi pada Revolusi Prancis tahun 1789.

Beberapa bangunan yang menjadi setting kota dalam franchise game Assassin's Creed tersebut dibangun dengan detil yang sangat tinggi, salah satunya Katedral Notre-Dame.

Mengutip dari Buiseness Insider, Kamis (17/4) Level Artist Ubisoft Caroline Miousse yang ikut menggarap game tersebut menghabiskan dua tahun untuk menciptakan katedral Notre Dame semirip dengan aslinya. Selain itu, Ubisoft juga secara eksklusif memetakan katedral menggunakan teknologi pemetaan 3D untuk mendapatkan bentuk landmark terkenal di Paris. 
 
Hanya saja belum diketahui apakah Ubisoft mau menyerahkan informasi digital yang mereka miliki ke pemerintah Prancis untuk keperluan restorasi gereja bergaya Katolik Gothic itu.

Meski begitu, Ubisoft jelas ikut terpukul dengan tragedi kebakaran Gereja Katedral Notre Dame. Tak hanya akan membantu proses restorasi dengan data 3D gereja yang menjadi setting di Assassin’s Creed Unity, Ubisoft juga akan mendonasikan dana sebesar 564.000 dolar AS atau sekitar Rp7,9 miliar untuk membantu proses rekonstruksi salah satu gedung historik di Paris tersebut.

Lewat pers rilis resmi, mereka menuliskan “Kami ingin memberikan semua orang kesempatan merasakan kemegahan dan keindahan dari Notre-Dame dengan cara terbaik yang dapat kami lakukan.”



Salah satunya dengan membagikan Assassin's Creed Unity versi PC secara gratis dalam waktu yang terbatas dengan mengakses halaman ini. Setelah login berhasil otomatis game tersebut akan masuk ke dalam library Uplay milikmu secara permanen.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyatakan akan membangun kembali Katedral Notre-Dame yang atapnya hangus terbakar 'menjadi lebih indah'. Macron bertekad bahwa pembangunan kembali akan berlangsung dalam waktu lima tahun ke depan.

Otoritas setempat menyatakan bahwa sebagian besar atap katedral bersejarah itu hancur akibat kebakaran yang berkobar selama 15 jam. Menara runcing ikonik setinggi 96 meter ambruk dan struktur kayu sepanjang lebih dari 100 meter yang berusia ratusan tahun di bagian loteng katedral juga hangus terbakar.

Organ utama yang memiliki 8 ribu pipa yang ada di dalam Katedral Notre-Dame juga mengalami kerusakan akibat kebakaran. Namun struktur utama katedral dan dua menara bel, serta kaca jendela mosaik berwarna-warni yang terkenal, berhasil lolos dari api. Tingginya tingkat kerusakan ini membuat sejumlah ahli menyebut proses restorasinya bakal memakan waktu beberapa dekade.
 

Tag: konsol game kebakaran hutan pemerintahan prancis

Bagikan: