Al Aqsa dan Notre Dame Terbakar di Hari Bersamaan

| 16 Apr 2019 12:17
Al Aqsa dan Notre Dame Terbakar di Hari Bersamaan
Tangkap layar kebakaran Al Aqsa (Twitter)
Jakarta, era.id - Kebakaran melanda Masjid Al Aqsa di Jerusalem. Meski tak menyebabkan kerusakan parah, namun kebakaran membahakan sejumlah bagian dari situs ibadah berusia lebih dari dua ribu tahun itu.

Api muncul dari kamar penjaga di luar ruangan salat Al-Marwani pada Senin petang (16/4). The New Arab melaporkan, seorang penjaga melaporkan sempat ada kesenjangan rotasi penjagaan antara pukul 19.15 dan 19.30 waktu setempat.

Departemen Wakaf Masjid Al Aqsa memuji aksi cepat tanggap yang diperlihatkan oleh para petugas pemadam kebakaran, yang dengan cepat menguasai api.

Kemunculan api tampaknya disebabkan oleh anak-anak yang sedang bermain-main. Melalui pernyataan, Departemen Wakaf meminta jamaah yang tinggal di sekitar masjid dan Kota Lama untuk mendidik anak-anaknya agar tidak bermain-main dengan api, terutama di dalam masjid Al Aqsa.

 

 

Di waktu yang berdekatan, kebakaran juga terjadi di Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis. Kebakaran menghancurkan atap gereja yang jadi salah satu simbol bersejarah bagi Paris. Para petugas pemadam berjuang mencegah agar menara lonceng utama tidak runtuh.

Api yang mulai berkobar pada petang dengan cepat mencapai atap bangunan gereja yang usianya sudah berabad-abad, menelan menara yang runtuh, dan dengan cepat juga diikuti oleh seluruh atapnya.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron pada Senin berjanji akan membangun kembali gereja dengan arsitektur gotik tersebut.

"Katedral Notre-Dame adalah sejarah kami, literatur kami, bagian dari jiwa kami, tempat semua acara besar kami, epidemi kami, perang kami, pembebasan kami, dan pusat kehidupan kami," tutur Macron dikutip Antara, Selasa (16/4/2019).

Rekomendasi