Pemilu Susulan di Kota Jayapura Kondusif, Jokowi-Ma’ruf Unggul

| 18 Apr 2019 20:51
Pemilu Susulan di Kota Jayapura Kondusif, Jokowi-Ma’ruf Unggul
Pemilu susulan di TPS 043 Distrik Jayapura Selatan. (Paul Tambunan/era.id)
Jayapura, era.id - Pemilu di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, berjalan lancar dan kondusif. Proses perhitungan suara di TPS masih berlangsung hingga Kamis (18/4/2019) malam.

Pemilu sempat tertunda akibat kendala distribusi logistik ke 702 TPS yang ada di dua distrik ini.

“Situasi Pemilu di Abepura dan Jayapura Selatan berjalan baik meskipun kemarin sempat ditunda. Saat ini masih berlangsung rekapitulasi suara untuk paslon presiden, legislative dan DPD. Pantauan kami perhitungan surat suara akan selesai besok, melihat banyaknya calon legislatif di tingkat provinsi dan kota.,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada saat ditemui di Mapolda Papua, Kamis (18/4/2019) malam.

Sementara itu, tiga distrik lainnya yakni Jayapura Utara, Heram, dan Muara Tami telah selesai melakukan perhitungan suara. Kotak suara sudah dikumpulkan di kantor distrik masing-masing, untuk diserahkan ke KPU Kota Jayapura. 

Pantauan era.id di Jayapura, rekapitulasi suara di 702 TPS yang melakukan pemilu susulan di Kota Jayapura, mulai memperlihatkan hasilnya. Di TPS 043 Argapura Distrik Jayapura Selatan, misalnya, pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh 138 suara, unggul dari pasangan calon nomor urut 02 Probowo-Sandiaga Uno yang hanya mendapat 19 suara.

Sama halnya di TPS 039 Kelurahan Vim, Distrik Abepura. Paslon Jokowi-Amin mendapat 180 suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 28 suara. Demikian di TPS 056 Kelurahan Adipura, Distrik Jayapura Selatan, pasangan capres nomor urut 01 mendapat 200 suara dan pasangan capres nomor urut 02 hanya 29 suara.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe usai mencoblos di TPS 043 Argapura Distrik Jayapura Selatan, mengklaim, masyarakat Papua terlebih di daerah pegunungan, sudah sepakat untuk mengikat suara atau noken untuk Jokowi-Amin.

"Komitmen bungkus suara di Papua sudah dilakukan, dan hampir diseluruh pengunungan. Setelah saya cek 100 persen mereka bungkus untuk memilih Jokowi," kata Gubernur Enembe.

Data KPU Kota Jayapura, terdapat 88.425 pemilih di Distrik Abepura yang mencoblos di 369 TPS. Sementara di Distrik Jayapura Selatan sebanyak 72.044 pemilih yang mencoblos di 375 TPS. Sedangkan total keseluruhan pemilih untuk lima distrik di Kota Jayapura sebanyak 300.752 jiwa.

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano sempat kecewa dengan tertundanya pemungutan suara, Rabu (17/4) kemarin. Ia mengajak warga Distrik Abepura dan Jayapura Selatan untuk kembali mengikuti pemungutan suara susulan hari ini.

BTM sapaan akrabnya yang juga Ketua Umum Persipura Jayapura ini, mengajak semua pemilih untuk datang ke TPS lebih cepat, untuk mengembalikan nama baik Kota Jayapura, dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

‘’Mari kita kembalikan nama baik Kota Jayapura untuk datang ke TPS 18 April 2019 untuk Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan. Save Kota Jayapura, barometer Papua,” imbaunya dalam poster yang tersebar di grup WhatsApp dan media sosial lainnya. (Paul Tambunan)

Rekomendasi