Keanehan Surat Pengunduran Diri Bupati Mandailing Natal

Tim Editor

Mendagri, Tjahjo Kumolo (era.id)

Jakarta, era.id - Bupati Mandailing Natal, Sumatera Utara, Dahlan Hasan Nasution, mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang sudah baca surat itu bilang, alasan pengunduran diri lantaran kecewa dengan hasil pemilu, sangat tidak lazim.

Menurut Tjahjo, surat permohonan pengunduran diri yang ditulis Dahlan dan dialamatkan kepada Presiden Joko Widodo, secara prosedural tidak tepat. 

"Secara prosedur, alamat surat ini tidak tepat. Harusnya ditujukan kepada DPRD, untuk selanjutnya diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Sumut," ungkap Tjahjo kepada wartawan, Minggu (21/4/2019).

Selain prosedural administrasi yang tidak tepat, Tjahjo menilai alasan Dahlan untuk mundur sangat tidak lazim. Alasan tersebut, kata dia, bisa mencederai amanat masyarakat yang telah memilih Dahlan sebagai kepala daerah secara langsung. Apalagi masa jabatan Dahlan baru habis pada Juni 2021 mendatang.

Tjahjo akan mempelajari surat tersebut dan memanggil Dahlan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara perihal alasan pengunduran diri dari jabatannya saat ini.

"Kami akan terus komunikasikan dengan Pemprov untuk fasilitasi," ujarnya.


Surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal (dok Istimewa)

Perlu diketahui sebelumnya beredar surat pengunduran diri dari Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution. Surat tertanggal 18 April 2019 itu berisi bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Mandailing Natal berjalan lancar, aman, dan terkendali. Namun, hasilnya mengecewakan.

Dahlan menuliskan, dalam tiga tahun terakhir, pembangunan di wilayahnya cukup signifikan. Namun, ia mengaku belum bisa mengubah pola pikir masyarakat dalam mendukung berbagai pembangunan. 

Terlebih memberikan dukungan maksimal kepada Joko Widodo yang kembali maju sebagai calon presiden petahana. Sebagai ungkapan rasa tanggung jawab atas ketidaknyamanan, Dahlan meminta izin untuk berhenti sebagai Bupati Mandailing Natal. 

 

Tag: mendagri jenderal tito karnavian tjahjo kumolo jokowi pilpres 2019

Bagikan: