Besok 500 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang 

Tim Editor

Ilustrasi (Irfan/era.id)

Jakarta, era.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI merekomendasikan 592 tempat pemungutan suara (TPS) yang perlu dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). 

Ketua Bawaslu RI Abhan menjelaskan, dari 592 TPS yang direkomendasikan PSU, 500 di antaranya akan melangsungkan PSU besok. 

"PSU yang sudah kita rekomendasi sekitar 592 (TPS). Sebagian besar ada yang sudah berjalan. Besok itu sekitar 500 yang akan berjalan di berbagai daerah," ujar Abhan di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (26/4/2019). 

500 TPS yang akan melangsungkan PSU tersebar di sejumlah wilayah. Di antaranya, Sumatera Barat,  Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Tangerang. Adapun dua daerah yang sedang melakukan PSU hari ini ialah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Abhan bilang Bawaslu memiliki tolak ukur dalam menetapkan adanya PSU di satu TPS. "Jadi satu contoh misalnya DPK (Daftar Pemilih Khusus) tapi (memilih) di luar daerah sesuai KTP-nya. Maka itu menjadi salah satu kualifikasi untuk dilakukan PSU. Harus dimaknai PSU ini adalah apa yang terjadi kekeliruan kita betulkan," kata dia. 

Lebih lanjut, Abhan berharap pelaksanaan PSU besok disambut baik oleh masyarakat. Kata dia, semoga masyarakat masih antusias untuk mencoblos ulang Pilpres dan Pileg 2019.

"Jadi PSU memperhitungkan tingkat partsipasi masyarakat, maka diambil hari Sabtu. Harapan kami ketika PSU partisipasi nya naik daripada yang kemarin. Minimal sama," dia menambahkan. 

Tag: pemilu 2019

Bagikan: