Amien Minta 'People Power' Diganti 'Kedaulatan Rakyat'

| 14 May 2019 22:21
Amien Minta 'People Power' Diganti 'Kedaulatan Rakyat'
Simposium 'Mengungkap Fakta Kecurangan Pemilu 2019' (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais meminta jangan ada lagi penggunaan istilah people power. Lebih baik diganti saja dengan Gerakan Kedaulatan Rakyat.

Permintaan ini ditujukan kepada seluruh relawan pendukung maupun simpatisan pasangan capres 02. Ada alasan mengapa Amien jadi ngeri-ngeri sedap menggunakan lagi frasa itu.

Semua merujuk pada kasus yang menyeret politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana. Setelah orasi di depan rumah Prabowo menggaungkan people power, Eggi ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar. Eggi mengaku tak lagi percaya dengan segala tahapan pemilu. Makanya dia mendorong adanya people power.

"Saya ingatkan, Eggi Sudjana ditangkap polisi karena bicara people power. Kita sekarang gunakan (istilah) gerakan kedaulatan rakyat," kata Amien dalam simposium 'Mengungkap Fakta Kecurangan Pemilu 2019' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sebelum permintaan Amien itu disebut, banyak relawan yang hadir di acara  ini sambil berteriak 'people power' kala Prabowo berpidato. Dari yang dilihat era.id, berulang kali teriakan 'people power' ini menggema di vanue acara, setiap kali Prabowo menyebut ada kecurangan dalam Pemilu 2019.

Koordinator Juru Bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan, yang diungkapkan Amien Rais merupakan satire politik soal penangkapan terhadap beberapa orang karena istilah people power.

"Iya. Kedaulatan rakyat. Itu hanya kata-kata saja. Itu sebenarnya satire yang disampaikan pak Amien. People power itu bukan sesuatu yang sebenarnya menakutkan,” kata Dahnil.

"People power itu ungkapan protes masyarakat. Pemilu juga people power. Jadi, saya mau menyebutkan yang tidak boleh itu anarkisme, yang tidak boleh itu mengganti dasar negara, nah itu makar," tegasnya.

 

Tags : pilpres 2019
Rekomendasi