Kenaikan Harga Tiket Pesawat Bikin Bandara Rugi Miliaran Rupiah

| 16 May 2019 12:02
Kenaikan Harga Tiket Pesawat Bikin Bandara Rugi Miliaran Rupiah
Ilustrasi Foto (Yudhistira/era.id)
Jakarta, era.id - Kenaikan harga tiket pesawat berbuntut kerugian besar bagi bandara-bandara di Indonesia. Di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, 3.913 jadwal penerbangan dibatalkan.

Pembatalan jadwal penerbangan itu dilakukan di sepanjang periode kenaikan harga tiket pada Januari hingga April 2019. Executive General Manager Bandara SMB II, Fahroji mengatakan, pergerakan pesawat sekaligus penumpang domestik dan internasional mengalami penurunan rata-rata 25 persen.

Hal tersebut membuat bandara merugi hingga miliaran rupiah. Namun, Angkasa Pura memang tak bisa berbuat banyak untuk menghindari kerugian tersebut.

"Jika dilihat-lihat, memang penumpang akhir-akhir ini turun akibat kenaikan tiket pesawat. Kami sejauh ini hanya bisa memantau karena harga tiket itu kewenangan maskapai," kata Fahroji.

Selama periode Januari-April 2019, pergerakan penumpang di Bandara SMB II hanya berada di angka 1.274.888 orang. Jumlah tersebut turun jika dibandingkan periode yang sama pada 2018, yakni 1.666.675 orang. Dengan kata lain, terdapat penurunan 391.787 penumpang.

Sedangkan pergerakan pesawat selama periode Januari-April 2019 berada di angka 11.703 dari 15.616 jadwal yang sudah ditetapkan. Setidaknya, ada seribu penerbangan yang dibatalkan setiap bulan.

Angkasa Pura II berharap kerugian sebesar Rp3 miliar per bulan ini dapat ditutupi ketika musim mudik lebaran tiba. "Maskapai baru saja menurunkan harga tiket sebesar 15 persen. Semoga saja bisa meningkatkan pergerakan penumpang, apalagi menjelang mudik," ungkap Fahroji.

Rekomendasi