Upaya Terminal Kampung Rambutan Kurangi Kecelakaan Mudik

Tim Editor

Foto Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Kerawanan kecelakaan lalu lintas dalam musim mudik jadi perhatian. Di Jakarta Timur, pengelola Terminal Kampung Rambutan turut memastikan kelayakan pengemudi dan bus-bus antarkotanya lewat tes.

"Kita ada tes kesehatan pengemudi, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja," ungkap Thofik, Ketua Satuan Pelayanan Terminal Kampung Rambutan ditulis Antara, Kamis (16/5/2019).

Selain tes kesehatan, pengelola terminal juga akan melakukan tes urine kepada pengemudi. Rangkaian tes ini dilakukan agar setiap pengemudi dipastikan sehat untuk mengemudi serta bebas dari narkoba.

Bukan cuma pengemudinya. Tes juga dilakukan kepada kendaraan-kendaraan mudik lebaran. "Kendaraan untuk mudik lebaran nanti kita pastikan kendaraan sudah layak untuk perjalanan," katanya.

Sejauh ini, ditemukan 18 kendaraan yang tidak layak. Sebagian kendaraan ditilang karena belum memenuhi syarat, sedangkan yang benar-benar tidak layak untuk beroperasi akan dipulangkan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik, Terminal Kampung Rambutan meminta pihak operator bus untuk menambahkan jumlah kendaraan. Terdapat 1.017 kendaraan yang beroperasi setiap harinya di Terminal Kampung Rambutan saat ini.

Tarif bis untuk libur lebaran saat ini masih menunggu ketentuan pemerintah terkait batas atas dan batas bawah. "Transaksi pembelian karcis dilakukan langsung di bus, informasi besaran tarif akan di tempel di dashboard kendaraan untuk mencegah kenaikan sepihak," kata dia.

Tag: mudik lebaran

Bagikan: