Jokowi: Demokrasi Indonesia Telah Terbukti

| 21 May 2019 14:40
Jokowi: Demokrasi Indonesia Telah Terbukti
Jokowi-Maruf saat pidato kemenangan (Tasya/era.id)
Jakarta, era.id - Capres nomor urut 01, Joko Widodo menyebut demokrasi di Indonesia telah terbukti. Masyarakat harus berbangga karena telah berhasil menggelar pesta demokrasi secara dewasa.

Pidato ini disampaikan Jokowi di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat. Meski panas menyengat kulit dan kereta lewat sesekali dengan suara yang memekakkan telinga, namun Jokowi tetap semangat menyampaikan pidato kemenangannya itu. Warga yang tinggal di wilayah itu menyemut mendengarkan apa yang disampaikan presiden terpilih itu.

"Bukti nyatanya adalah kebebasan kita dalam berdemokrasi. Kemampuan kita untuk menyelesaikan pemilu yang jujur dan adil serta pemilu yang penuh dengan perdamaian dan kegembiraan," kata Jokowi, Selasa (21/5/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakin, suasana pascapenetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU bakal damai dan berjalan sesuai konstitusi. Kata Jokowi, hasil penetapan KPU baik Pileg maupun Pilpres 2019, merupakan bukti dari kedaulatan rakyat. Sehingga, Jokowi yang didampingi oleh cawapresnya Ma'ruf Amin mengucapkan rasa terima kasihnya.

Ke depan, Jokowi bakal mewujudkan kepercayaan masyarakat dengan membuat program-program yang bisa dinikmati semua.

"Kepercayaan dan amanah rakyat tersebut akan kami wujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air Indonesia," ungkapnya.

Jokowi-Ma'ruf siap gaspol

Mantan wali kota Solo ini juga bakal gaspol menjalankan program kerjanya setelah dilantik bulan Oktober 2019 mendatang. Dia menegaskan, Jokowi-Ma'ruf seratus persen milik rakyat Indonesia. Bukan lagi milik mereka yang memilih paslon 01 di Pilpres 2019.

"Kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100 persen rakyat Indonesia. Kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi 100 persen rakyat Indonesia," ujar Jokowi.

Petahana ini meminta, pascapemilu semua pihak harus kembali bergandengan tangan untuk membangun Indonesia selama lima tahun ke depan. "Marilah kita bersatu padu membangun bangsa dan tanah air tercinta, demi kedamaian, demi kesejahteraan generasi kita mendatang, generasi anak cucu kita di masa depan," katanya.

Jokowi juga memberi apresiasi kepada banyak pihak yang bekerja keras selama penyelenggaraan pemilu. Mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), hingga TNI maupun Polri. Termasuk para saksi yang bekerja keras usai hari pencoblosan berlangsung. 

"Saya mengapresiasi setinggi tingginya atas kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu."

 

Tags : pilpres 2019
Rekomendasi