Dilarang Bikin Demo Lagi di Depan Bawaslu

Tim Editor

Kapolri Jend Tito Karnavian (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Kapolri Jenderal Tito Karnavian tegas melarang kalau ada rencana demonstrasi di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun di sekitaran perempatan Sarinah. Menyuarakan aspirasi tetap ada aturannya.

Pelarangan ini, kata Tito, merujuk Pasal 6 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998. Isinya soal demonstrasi tak boleh mengganggu kepentingan umum. Selain itu, demonstrasi harusnya mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kegiatan yang dilakukan di depan Bawaslu, yang merupakan jalan umum protokol, pasti menganggu kepentingan unum, menganggu kepentingan publik dan menganggu hak azasi pemakai jalan lainnya. Dan tidak boleh di ruang terbuka lebih dari jam 18.00 WIB. Di ruang tertutup di gedung misalnya sampai 22.00 WIB," beber Tito di Media Center Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Saat pelaksanaan demonstrasi yang akhirnya berlangsung ricuh, Polri memang melonggarkan beberapa aturan. Salah satunya soal waktu pelaksanaan demonstrasi. Diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2008, harusnya demonstrasi hanya boleh dilaksanakan hingga pukul 18.00 WIB.

Namun, karena ada buka puasa dan tarawih bersama yang dilakukan para demonstran bersama TNI dan Polri, kepolisian membuat diskresi aksi harus selesai pukul 21.00 WIB. Akibat kerusuhan yang terjadi pascademonstrasi, diskresi terkait waktu pelaksanaan dan lokasi demonstrasi di sekitar wilayah Jalan MH Thamrin tepatnya perempatan Sarinah tak akan diberikan lagi.

"Kalau yang ada mau mencoba ya kita akan bubarkan, kalau ada yang melawan petugas akan kita ambil tindakan tegas," tegas Tito.

Supaya kalian tahu, sejumlah massa melakukan aksi demonstrasi dari tanggal 21-22 Mei. Jelang malam tiba, dalam dua hari tersebut, massa terlibat bentrokan dengan petugas kepolisian. 

Dalam kericuhan tersebut, massa kemudian merusak fasilitas umum seperti Gedung Bawaslu, pembatas jalan, serta dua buah pos polisi di Jalan MH Thamrin dan Jalan Wahid Hasyim turut dibakar oleh massa.

Tag: demo di bawaslu

Bagikan: