Keinginan Terakhir Ibu Ani Bersama Menantunya

| 02 Jun 2019 19:22
Keinginan Terakhir Ibu Ani Bersama Menantunya
Menantu Ani Yudhoyono, Anissa Pohan (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Menantu Ani Yudhoyono, Anissa Pohan mengatakan mertuanya punya banyak keinginan yang belum terlaksana. Beberapa di antaranya membuat museum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Galeri Ani. 

Kata istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini, museum serta galeri tersebut bakal menampilkan berbagai hasil karya dari Presiden ke-6 RI selama menjabat dua periode.

"Ibu pengen punya Museum SBY dan Galeri Ani. Nantinya akan ditampilkan karya dari bapak selama menjabat dan memperlihatkan apa saja yang telah mereka kerjakan," ungkap Anissa kepada wartawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Selain menampilkan karya dari hasil kerja SBY selama dua periode, museum dan galeri ini bakal jadi tempat pusat edukasi. Apalagi, selama ini Ani Yudhoyono gemar sekali mengoleksi kain dari berbagai wilayah di Indonesia. Ia ingin agar kain-kain itu bisa dipamerkan.

"Beliau ingin sekali membuat galeri untuk pajang itu semua, supaya bisa jadi informasi kepada masyarakat. Ibu juga ingin buat kebun yang kita sebut jungle," ungkap model tersebut.

Rencananya, kata Anissa, lokasi yang bakal menjadi museum dan galeri itu berada di Pacitan, Jawa Timur yang merupakan tempat kelahiran SBY.

 

Sayang, meski proses pembangunan bakal berlangsung Ibu Ani sudah tak lagi berkesempatan untuk melihat museum dan galeri tersebut sebab penyakit kanker darah telah merenggut nyawanya.

Kini Ani Yudhoyono telah bersemayam di tempat peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Ibu Ani menghembuskan napas terakhir di National University Hospital, Singapura pada Sabtu (1/6).

Flamboyan itu kini sudah pergi. Tak ada lagi sosok Memo yang doyan berkebun dan hobi jeprat-jepret melalui kameranya itu. Impiannya untuk bisa mengantar cucu-cucunya bersekolah pun kandas. Memo tidak kalah. Dia justru sudah dimenangkan Tuhan. 

Rekomendasi