Penitipan Hewan Laris Manis Jelang Lebaran

Tim Editor

Salah satu petugas penitipan hewan peliharaan (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Tempat penitipan hewan di sejumlah petshop laris manis. Soalnya, banyak para pemilik menitipkan hewan peliharaan mereka seperti kucing dan anjing selama masa mudik Lebaran. 

Salah satunya adalah Jangki Petshop yang kebanjiran titipan dari pelangggannya.

"Kalau sekarang kita sudah full (tempat penitipan hewan)," kata Rauf, salah satu pegawai di Jangki Petshop, Jakarta Timur, Senin (3/6/2019).

Rauf mengaku kewalahan menerima hewan sejak beberapa hari yang lalu jelang Lebaran. Sementara, pada hari biasa, petshop ini hanya mendapat titipan tiga sampai empat ekor saja.

Dilihat era.id, ada belasan kucing menempati kandang stainless yang berjejer. Bukan satu kandang ramai-ramai namun satu kandang berisi satu kucing. Kandang itu berada di satu ruangan yang lengkap dengan pendingin udara.

"Satu hari Rp50 ribu per hari buat penitipan hewannya. Itu sudah termasuk makan biarpun suka ada yang bawain sendiri," jelas Rauf.

"Soalnya kan kadang ada aja kucing yang enggak cocok dengan makanan dari kita," imbuhnya.

Dia tak merasa kesulitan melaksanakan tugas menjaga kucing yang dititipkan ini. Sebab, dia tidak sendirian. Rauf bekerja bersama tiga orang temannya.

Untuk masalah kesehatan, Rauf mengatakan, setiap kucing yang dititipkan akan divaksin terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya penyebaran virus penyakit. Selain itu, kebersihan di tempat ini, katanya, selalu dijaga.

"Kalau mau dititip harus divaksin dulu, kita biasanya liat buku vaksinnya. Kalau enggak ada bukunya, kita enggak mau ambil. Kapan hari ada yang mau titip tapi belum vaksin, kita enggak terima," ungkapnya.


Kucing yang dititipkan pemiliknya saat libur Lebaran (Wardhany/era.id)

Kendala makanan hewan

Tak hanya Jangki Petshop yang kewalahan dititipi belasan kucing. Ada juga Piramida Petshop yang juga harus bekerja keras merawat kucing serta anjing yang dititipkan pemiliknya. Padahal, kalau hari biasa peminat penitipan hewan biasanya enggak terlalu banyak.

Andri, salah satu perawat hewan di petshop itu menyebut untuk menitipkan hewan di tempatnya, pemilik harus merogoh kocek hingga Rp60 ribu perhari untuk kucing. Sedangkan untuk anjing dengan ukuran kecil Rp85 ribu dan anjing ukuran besar Rp150 ribu.

"Tapi kita enggak sediakan makanan. Soalnya, pemiliknya biasa bawain," ungkap dia.

Selama merawat kucing atau anjing yang dititipkan, Andri dan tiga rekannya mengaku enggak kesulitan. Tapi, bakal lain ceritanya kalau kucing atau anjing yang dititipkan tak mau makan makanan khusus hewan.

"Selama ini sih enggak ribet. Tapi, kalau makannya nasi sama ikan cuwek itu baru ribet. Biasanya kucing dome --domestik atau kampung-- yang kayak gitu, kita ribet ngasihnya," kata Andri.

Sama seperti Jangki Petshop, tempatnya pun hanya menerima kucing maupun anjing yang sudah divaksin. Tujuannya, agar enggak ada penyebaran penyakit saat dititipkan. "Pokoknya vaksin harus. Kalau enggak, ya sudah, kita enggak mau terima."

Jadi buat kalian yang mau mudik tapi khawatir hewan peliharaan di rumah enggak ada yang mengurus, mungkin jasa penitipan hewan di petshop bisa jadi alternatif pilihan. Terpenting, pastikan dulu tempat bersih dan layak huni buat hewan-hewan yang bakal kalian titipkan.


Kucing yang dititipkan pemiliknya saat libur Lebaran (Wardhany/era.id)

Tag: lebaran

Bagikan: