Tol Trans Jawa dan Sumatera Bantu Mudik Jadi Lancar

Tim Editor

Gerbang Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur (Kemen PUPR)

Jakarta, era.id - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut mudik tahun 2019 ini berjalan lancar. Tito bilang, kelancaran mudik ini didukung dengan infrastruktur Tol Trans Jawa dan Sumatera.

"Arus mudik yang kita cukup surprise karena adanya infrastuktur yang bagus tol Trans Jawa dan Sumatera relatif selama 6 hari ini arus mudik semuanya lancar," kata Tito di rumahnya Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019).

Tak hanya itu, mantan Kapolda Metro Jaya ini bilang angka kecelakaan juga menurun pada musim mudik 2019. Tito menjamin, kondisi keamanan tetap terjaga hingga masyarakat bisa tetap bersilaturahmi pada momen Hari Raya Idulfitri 1440H. Jangan khawatir meski sempat ada aksi bom bunuh diri di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Saya sampaikan situasi secara umum untuk situasi kamtibnas seluruh Indonesia selama seminggi terakhir ini relatif aman. Hanya ada satu kasus ledakan bom yang ada di Kartasura, tapi itu adalah lone wolf artinya dia teradikalisasi sendiri kemudian membuat bom sendiri," ungkapnya.

Terkait arus balik, Tito mengatakan puncak arus balik diprediksi bakal terjadi pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6). Sehingga, agar tak terjadi penumpukan, dia mengimbau agar masyarakat tak kembali dari kampung halaman pada waktu tersebut untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Menurutnya, arus balik yang ideal dilakukan pada pekan depan untuk menghindari terjadinya puncak arus mudik yang padat. Tapi, kalau para pemudik tetap memilih kembali pada Sabtu-Minggu, Tito meminta agar pemudik membawa peralatan lengkap.

"Bisa Senin, Selasa, Rabu, mungkin ada yamg ambil cuti bagus sehingga tidak terjadi puncak arus mudik tapi gelombang saja, merata di hari ke hari. Kalaupun Sabtu-Minggu terpaksa jangan lupa lengkapi makanan, obat-obatan. Lengkapi dengan BBM yang penuh," tutupnya.

Tag: mudik

Bagikan: