Tatapan Komisioner KPU di Sidang MK yang Bikin Dag Dig Dug

| 22 Jun 2019 12:57
Tatapan Komisioner KPU di Sidang MK yang Bikin <i>Dag Dig Dug</i>
Meme komisioner KPU yang viral di media sosial. (Twitter @Afif_Riwandi20)
Jakarta, era.id - Sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi ternyata menjadi sorotan masyarakat. Bagaimana tidak, semua stasiun televisi dan pemberitaan media massa memberitakan persidangan ini terus menerus.

Tapi, bukan hanya soal ketegangan dan keterangan para saksi di persidangan itu saja yang jadi fokus masyarakat. Ada juga sisi lain dari sidang itu yang ternyata mengundang tawa.

Salah satu momen yang mengundang tawa adalah saat Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menatap rekannya sesama komisioner, Viryan Aziz saat persidangan Rabu (19/6). Saat itu, sidang berlangsung selama 20 jam dengan agenda mendengar saksi dari pihak pemohon BPN Prabowo-Sandiaga.

Dalam tangkap layar tersebut, Pramono tampak bertumpu pada tangan kirinya, sementara wajahnya tersenyum memandangi Viryan yang tengah berbicara.

Momen itu pun ramai jadi meme di media sosial Twitter. Mereka menafsirkan pandangan Pramono ke Viryan dengan berbagai arti.

 

Buntutnya, Pramono pun akhirnya sadar kalau tatapannya itu viral. Dia kemudian menuliskan di Twitternya @PramonoUtan versi tafsiran pandangan matanya.

 

Kata Pramono saat dihubungi wartawan, apa yang dia tulis di akun Twitternya itu adalah respon setelah ia tahu momen tatapan kepada Viryan menjadi viral. "Saya nge-tweet soal ini tapi ya guyon-guyon (bercanda) saja," ungkap Pramono, Sabtu (22/6/2019).

Menurut Komisioner KPU ini, dengan banyaknya momen lucu dan hal viral lainnya yang ditangkap warganet saat sidang Mahkamah Konstitusi (MK), menandakan masyarakat menikmati persidangan itu dengan damai dan tanpa ketegangan.

"Tidak ada ketegangan. Di luar soal-soal hukum dan politik yang dibahas dalam persidangan, masyarakat ternyata menikmati hal-hal lucu dari masing-masing pihak secara manusiawi, bukan sebagai makhluk-makhluk politik yang selalu penuh kepentingan," ungkapnya.

 

Supaya kalian tahu, rangkaian panjang sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi terkait dengan pemeriksaan saksi dan ahli dari semua pihak yakni pemohon, termohon dan terkait sudah selesai.

Namun, ini belum akhir dari seluruh rangkain sidang sengketa Pilpres 2019. Pekan depan, majelis hakim akan menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH) yang dijawalkan dari 25 hingga 27 Juni. Tanggal 28 Juni sidang kembali digelar, dengan agenda pengucapan putusan sengketa Pilpres 2019. 

Rekomendasi