Jakarnaval dan Gerak Roda Perekonomian Rakyat

Tim Editor

Anies di tengah-tengah karnaval (Instagram/@aniesbaswedan)

Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kegiatan Jakarnaval bukan hanya mengambarkan betapa kreatifnya masyarakat Jakarta, tetapi juga membantu gerakan perekonomian ibu kota.

"Kita berharap kegiatan ini bukan saja menggambarkan betapa kreatifnya masyarakat di Jakarta," kata Anies pada acara Jakarnaval di depan Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (6/30/2019).

Dia bersyukur, perayaan ulang tahun Jakarta berjalan dengan baik. Rangkaian acara semuanya di seluruh wilayah berjalan dengan baik, menandakan bahwa Jakarta adalah kota yang aman, damai, dan warganya terlibat dalam seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tema dari ulang tahun Jakarta tahun ini adalah tentang wajah baru Jakarta. "Kita menyadari bahwa wajah baru bukan sekadar tampilan fisiknya. Wajah baru Jakarta adalah tentang kebaruan cara memandang, cara bekerja, cara berpikir," kata Anies.

Saat ini masyarakat dapat menyaksikan adanya pembangunan trotoar yang luas, lebar dan di mana-mana, maka jangan pandang fisiknya saja. Di balik itu, ada pergeseran prioritas.

Dia mengatakan transportasi yang dimiliki oleh semua orang adalah kaki. Oleh karena itu, jalan yang dibangun, jalan untuk kaki dan jalan untuk roda. Trotoar yang besar bukan sekadar nampak indah, tetapi juga digunakan sebagai ruang interaksi antarwarga di mana warga bisa berkegiatan di sana.

"Begitu juga kalau melihat ada integrasi antarmoda transportasi. Jangan hanya dilihat fisiknya saja, tetapi ini adalah salah satu alat untuk kita membangun interaksi antarwarga, membangun rasa kebersamaan lintas status sosial ekonomi," kata Anies.

Tema "Wajah Baru Jakarta" yang didorong di dalam peringatan ulang tahun ini bukan sekadar tampilan fisiknya, tetapi juga ini terkait dengan cara pandang, cara bekerja dan ada tujuan-tujuan yang lebih besar daripada itu.

Tag: hut dki jakarta

Bagikan: