Wagub DKI Sebut Sirkuit Formula E Bisa Digunakan untuk Kegiatan Lain, Lari hingga Jakarnaval

| 19 Aug 2022 12:01
Ilustrasi sirkuit (Dok. Antara)

ERA.id - Ajang perlombaan Formula E di Jakarta telah selesai dilakukan beberapa waktu lalu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan sirkuit Formula E yang telah dibangun akan tetap digunakan, atau tidak menjadi lintasan sekali pakai.

"Ya sirkuit formula E kemarin, memang dibuat permanen. Tentu dapat digunakan untuk kegiatan lainnya yang sesuai dengan peruntukannya. Jadi umpamanya, formula E ke depan, nanti tahun depan bisa dilaksanakan lagi di situ," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Riza menjelaskan sirkuit Formula E bisa digunakan untuk kegiatan seperti Jakarnaval 2022 kemarin. Kegiatan untuk olahraga lari, sambungnya, dimungkinkan juga bisa dilakukan di sirkuit Formula E.

"(Sirkuit Formula E bisa dipakai untuk) kegiatan seperti kemarin Jakarnaval bisa. Mungkin kalau mau ada lari, bisa," sambungnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan tidak semua kegiatan bisa dilakukan di sirkuit Formula E. Riza mengatakan sirkuit Formula E bisa digunakan untuk kegiatan yang memang sesuai dengan peruntukannya. 

"Umpamanya kegiatan balap motor tidak bisa disitu. Itu nanti berbahaya, kecuali sekadar trek lurus, mungkin masih dimungkinkan. Tapi lainnya tidak dimungkinkan. Jadi ada aturan yang harus kita pahami," ucapnya.

Diketahui, sebelumnya DKI Jakarta menjadi tuan rumah dari ajang perlombaan balap mobil Formula E 2022. Ajang kegiatan Formula E ini sempat menuai pro kontra. 

Ada dugaan korupsi dari ajang perlombaan Formula E ini. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih melakukan penelusuran terkait hal tersebut.

Rekomendasi