Jalur Pendakian Gunung Semeru Bakal Ditutup Sementara

| 06 Jul 2019 12:32
Jalur Pendakian Gunung Semeru Bakal Ditutup Sementara
Ilustrasi (Pixabay)
Malang, era.id - Untuk kamu yang berencana melakukan pendakian ke Gunung Semeru, Jawa Timur, jangan sampai salah tanggal ya. Soalnya jalur pendakian Gunung Semeru akan ditutup total selama empat hari, mulai 26-29 September 2019.

Hal itu dilakukan untuk memperingati Hari Raya Karo yang dilakukan oleh masyarakat adat Suku Tengger gengs.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) John Kenedie bilang, keputusan untuk menutup total jalur pendakian Gunung Semeru tersebut telah disepakati oleh pelaku jasa wisata bersama Kepala Desa Ranupani dan Ketua Dukun Adat Ranupani.

"Pendakian ditutup secara total dikarenakan adanya perayaan Hari Raya Karo," kata John, di Kota Malang, seperti dikutip Antara. 

Keputusan untuk menutup total jalur pendakian Gunung Semeru selama empat hari tersebut tertuang pada Pengumuman BB TNBTS bernomor PG.03/BIDTEK/BIDTEK./KSA/7/2019 yang ditandatangani oleh Kepala BB TNBTS.

Pada 2019, akan diperingati Hari Raya Karo Tahun Saka 1941 oleh masyarakat Suku Tengger, yang tinggal di sekitar lereng Gunung Bromo. Peringatan Hari Raya Karo merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Tengger pada proses penciptaan manusia.

Dalam upacara adat tersebut, nantinya akan ada sesaji seperti buah-buahan, kuali, termasuk tanduk kerbau. Tanduk kerbau tersebut menggambarkan kaum laki-laki perkasa yang sedang mencari jodoh.

Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang terletak di wilayah Jawa Timur, dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung tersebut memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut.

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Sumatera, dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Semeru terletak di dua wilayah yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Rekomendasi