Ahok, Djarot hingga Sutiyoso Berpesan pada Anggota DPRD 2019-2024

| 26 Aug 2019 19:03
Ahok, Djarot hingga Sutiyoso Berpesan pada Anggota DPRD 2019-2024
Anggota DPRD DKI Jakarta (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Sejumlah Mantan Gubernur DKI Jakarta punya pesan-pesan khusus kepada Anggota DPRD masa jabatan tahun 2019-2024 yang baru dilantik hari ini.

Gubernur DKI ke-12, Sutiyoso atau akrab yang disebut dengan Bang Yos melihat wewenang Anggota DPRD saat ini lebih besar dari sekadar "tukang stempel".

Artinya, mereka memang memiliki kekuasaan, namun tidak pernah menunjukkan pandangan oposisi terhadap pihak yang berkuasa. Stigma ini menempel pada anggota dewan pada masa Orde Baru.

"Saya mengalami terakhir kali itu. Ujung orde baru saya ngalamin. Terus awal reformasi saya ngalamin. Saya mengalamin pemerintahan yang berbeda. Kalau dulu kekuatan dewan tukang stempel, dan sekarang punya kewenangan yang sangat besar," kata Yos di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Karenanya, mantan Gubernur DKI yang pernah memimpin 2 periode ini meminta anggota dewan yang akan bekerja hingga lima tahun mendatang ini bisa betul-betul memperjuangkan kepentingan rakyat Jakarta.

"(Tugasnya) itu kan mengawasi jalannya pemerintahan eksekutif, apakah sudah sesuai melaksanakan program yang direncanakan bersama. Itu kan kontrol seperti itu dia. Itu wajib dilakukan," kata dia.

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta ke-15 Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpesan agar anggota dewan baru ini bisa bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Harapannya (kepada anggota DPRD baru) supaya bekerja dengan undang-undang," tutur Ahok.

Selanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ke-16 Djarot Saiful Hidayat berharap anggota parlemen DKI ini memiliki hati layaknya emas. Mereka diharapkan bisa membantu menyelesaikan berbagai macam persoalan dan dinamika masyarakat jakarta.

"Tetap lurus di jalan ideologi Pancasila, kita tebarkan kebaikan, kebenaran, dan kita bumikan kejujuran supaya Jakarta itu menjadi lebih baik lagi ke depan. Kita punya harapan besar kepasa teman-teman di DPRD untuk bisa mengawal Jakarta," tutur Djarot.

Tags : anggota dprd
Rekomendasi