Akun Twitter Pejabat Kuba Kembali Berkicau

| 14 Sep 2019 14:07
Akun Twitter Pejabat Kuba Kembali Berkicau
Ilustrasi (Pixabay)
Havana, era.id - Sejumlah akun Twitter milik negara Kuba, wartawan, serta pejabat pemerintah yang diblokir sejak Rabu (11/9) akhirnya bisa kembali berkicau. Namun akun lain seperti pemimpin Partai Komunis Raul Castro masih ditutup.

Pejabat Kuba menuding Twitter Inc, perusahaan media sosial yang bermarkas di Amerika Serikat, melakukan penonaktifan massal. Kritikus pemerintah menyebut kondisi tersebut sebagai ironis, datang dari negara dengan satu sistem partai yang sendirinya melakukan penonaktifan.

Pihak Twitter juga tidak menjelaskan secara spesifik bagaimana pihaknya meyakini akun-akun tersebut melanggar kebijakan. Namun juru bicara Twitter mengatakan para pengguna tidak boleh memperkuat atau mengacaukan percakapan dengan menggunakan banyak akun.

"Twitter akhirnya mengembalikan akun kami," kicau Mariela Castro, putri Raul Castro sekaligus direktur Pusat Nasional Pendidikan Seks, kemarin, seperti dikutip Antara.

"Berkat mereka yang menunjukkan solidaritasnya dalam menghadapi agresi media terhadap Kuba."

Sejumlah akun lainnya masih diblokir. Situs milik pemerintah, Cubadebate, menyebutkan semua akunnya dalam berbagai bahasa, serta akun direktur dan wartawan mereka masih diblokir.

"Sudah rahasia umum bahwa dalam berbagai kesempatan, Twitter menempatkan dirinya dalam layanan intelijen dan operasi kebijakan asing pemerintah AS," katanya. "Tidak mengejutkan kami jika ini yang terjadi."

Perusahaan media sosial secara global berada di bawah tekanan untuk membendung aksi pengaruh politik daring terlarang.

Negara Kuba memonopoli ruang publik dan media tradisional. Sementara itu outlet media teratas milik pemerintah memilik profil berbeda, mereka kerap mempublikasi artikel yang mirip atau bahkan berbeda.

Tags : twitter lite
Rekomendasi