Membangun Ekosistem Keuangan Digital Lewat Fintech Summit Expo 2019

Tim Editor

Acara Fintech Summit Expo 2019 (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Gelaran Indonesia Fintech Summit Expo 2019 telah resmi dibuka. Acara yang berlangsung pada 23-24 September 2019 ini dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution.

Dalam sambutannya, Darmin mengatakan perusahaan yang bergerak di bidang financial technology (Fintech) memberikan dampak besar bagi Indonesia. Lantaran, mampu membuka akses yang selama ini sulit ditembus oleh sistem perbankan konvensional.

Darmin menambahkan, bisa jadi dengan berkembangnya dunia fintech dan keuangan digital, kantor cabang perbankan di daerah tak lagi diperlukan.

"Negara yang sangat besar ini lebih membutuhkan peranan digital, fintech, dan sebagainya," kata Darmin dalam sambutan acara pembukaan IFSE 2019 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).


Diskusi Indonesia Fintech Summit Expo 2019 (Wardhany/era.id)

Di tempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, IFSE 2019 diharapkan membentuk ekosistem pengembangan ekonomi dan keuangan secara digital baik dari pemerintah yaitu BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada faktor digital banking perbankan dan dari sisi fintech serta e-commerce.

"Ekosistem ini yang akan banyak dikembangkan dan dibicarakan di Summit Fintech Expo selama dua hari ini," jelas Perry.

Dia menambahkan, acara ini akan membahas berbagai aspek terkait dunia fintech. Apalagi, acara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Bank Indonesia, OJK, dan Asosiasi Fintech. Total pesertanya mencapai 5.500 peserta.

IFSE 2019 ini memiliki tema besar membuat ekonomi dan keuangan digital di Indonesia mampu mendorong roda perekonomian di negara ini.

"Itu adalah tema besarnya. Jadi yang akan dibahas dari faktor kebijakan, inovasi usaha khususnya fintech dan bagaimana e-commerce ke depan bisa mengembangkan usahanya," ujar dia.


Suasana pameran Indonesia Fintech Summit Expo 2019 (Wardhany/era.id)

Selain untuk membangun ekosistem pengembangan sistem ekonomi dan keuangan digital, gelaran ini bisa menjadi edukasi buat masyarakat Indonesia.

Sehingga masyarakat yang datang ke acara ini, dapat memahami fungsi fintech yang saat ini terus berkembang di Indonesia. 

"Percuma kita terus berkembang tapi masyarakat tidak paham benefit yang bisa dibawa oleh fintech," kata Ketua Umum Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) Niki Santoso Luhur. 


Suasana pameran Indonesia Fintech Summit Expo 2019 (Wardhany/era.id)

Indonesia Fintech Summit Expo 2019 ini menghadirkan 100 perusahaan fintech yang merupakan anggota dari AFTECH, Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI), dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) yang selama beberapa tahun telah menghadirkan berbagai inovasi produk dan layanan jasa keuangan dengan basis teknologi kepada masyarakat di Indonesia.

Pameran ini gratis dan bisa diikuti oleh orang-orang yang memang tertarik untuk mempelajari dan melihat perkembangan industri fintech di Indonesia serta ingin menikmati sajian program literasi keuangan.

Tag: ekonomi digital

Bagikan: