Menanti Pengungkapan Pelaku Penganiayaan Tim Medis Pemprov DKI

| 27 Sep 2019 14:57
Menanti Pengungkapan Pelaku Penganiayaan Tim Medis Pemprov DKI
Gubernur DKI Anies Baswedan (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menjenguk tiga petugas medis ambulans Pemprov DKI yang cedera ketika bertugas di tengah aksi unjuk rasa di DPR. Anies pun mempertimbangkan akan membawa masalah ini ke jalur hukum, setelah hasil penyelidikan polisi untuk mengetahui siapa pelakunya.

Hal itu disampaikan Anies usai berdialog dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono. Di mana Anies meminta pihak kepolisian untuk melakukan investigasi terkait dugaan-dugaan penganiayaan terhadap tenaga medis Pemprov DKI yang kini dirawat di RSUD Tarakan, Gambir, Jakarta Pusat. 

"Petugas medis mengalami cedera itu fakta. Faktanya cedera dan kakinya tidak bisa bergerak. Kemarin baru di-scan. Saya cek hasilnya dan kita bawa ke rumah sakit. Kemudian ada benturan juga di kepala, itu faktanya ada," kata Anies di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (27/9/2019).

Anies bilang ketiga petugas medis yang cedera antara lain Vicky Dannis, Yoga Sandika Nugraha, dan Endang. Mereka merupakan tenaga paramedis, dokter dan juga sopir ambulans. Di saat bertugas selama aksi demonstrasi para tenaga medis ini telah bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Tapi pelakunya siapa dan lain-lain, saya pun tidak tahu. Karena di lapangan itu hanya orang yang di sana, ada yang berseragam, ada yang warga, ada yang berpakaian preman, kita enggak tahu," jelas Anies. 

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alhamdulillah, wa syukurillah... ? ? Syukur yg mendalam, ketiga petugas Ambulans Gawat Darurat dari Puskesmas Kec. Pademangan yg sempat ditahan oleh Polda Metro Jaya telah kembali pulang.? ? Apresiasi kepada Polda Metro Jaya yg telah mengungkapkan fakta sebenarnya bahwa, tidak seperti yang disebarberitakan sebelumnya di sosmed, ambulans Pemprov DKI dan PMI Jakarta memang senyatanya tidak membawa batu dan bensin di dalamnya. Mereka menjalankan tugas dengan mengikuti protap. ? ? Sore tadi, kami sambut kepulangan ketiga petugas pemberani ini, dr. Vicky Dannis, Yoga Sandika Nugraha, dan Endang, di kantor Dinas Kesehatan. Mereka telah kembali bersama kolega dan keluarga. Saat ini mereka bertiga sedang menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan semua dalam keadaan baik dan sehat.? ? Di lokasi yang sama, rekan-rekan sesama petugas kesehatan sedang briefing utk kembali menyebar ke lapangan, bertugas antisipasi kegiatan unjuk rasa. ? ? Mereka ini adalah orang-orang yg, dalam keadaan yg menegangkan dan berisiko serta orang berlarian menjauh, mereka justru mendekat masuk untuk mengevakuasi korban.? ? Mereka adalah orang-orang yg pemberani, bukan karena tidak merasakan takut, tapi justru karena mampu mengalahkan semua rasa takutnya demi menyelamatkan sesama, tanpa melihat latar belakangnya. Sebuah tugas kemanusiaan yang mulia. ? ? Hari ini saya katakan pada mereka atas nama Pemprov dan warga Jakarta, terima kasih karena telah hadir atas nama negara, dan sampaikan kepada keluarga di rumah dengan bangga, bahwa Anda adalah bagian dari mereka yg setiap harinya berjuang untuk kemanusiaan dan insya Allah, semua kebaikan itu akan dicatat sebagai amal shaleh.? ? #ABW

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Lebih lanjut Anies menyerahkan kasus penganiayaan tersebut untuk diproses pihak kepolisian. Jika nantinya Pemprov DKI mengambil tindakan jalur hukum terkait kejadian ini, setelah mendapatkan hasil investigasi dari pihak kepolisian. 

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Eddy Gatot juga belum bisa memberikan keterangan terhadap dugaan penganiayaan terhadap tim medis dalam satu ambulans milik Pemprov DKI. "Kita masih pelajari peristiwa itu nanti perkembangannya kita kabari," tutur Eddy. 

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah menurunkan 40 mobil ambulans untuk membantu para korban kerusuhan di Jakarta, baik untuk menolong massa aksi, aparat kepolisian, maupun masyarakat yang terluka. Aksi mereka sudah dilakukan sejak gelombang demonstrasi pada Selasa (24/9).

Namun saat aksi kericuhan terjadi, sejumlah mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta sempat ditahan aparat kepolisian karena dituding menyuplai 'logistik' dalam aksi demo. Polisi menyebut adanya batu dan bensin yang akan digunakan massa perusuh untuk menyerang aparat kepolisian. 

Kendati sempat bersikukuh mengatakan kalau, ambulans-ambulans yang diamankan polisi diduga menyuplai batu dan bensin ke pendemo. Polda Metro Jaya akhirnya memberi klarifikasi dan mengakui adanya kesalahpahaman dalam informasi 'logistik' bagi pendemo.

 

Rekomendasi