Prof Jimly Siap Benahi DPD, Bila Ditunjuk Jadi Ketua

Tim Editor

Anggota DPD terpilih Prof Jimly Asshiddiqie (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Senator terpilih, Jimly Asshiddiqie menilai banyak permasalahan yang belum diselesaikan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode sebelumnya. Prof Jimly pun mengaku siap, membenahi DPD kedepannya jika terpilih menjadi ketua.

"Kalau misalnya mayoritas anggota DPD memberikan kepercayaan, insyaallah kami akan melanjutkan apa yang sudah baik di DPD banyak prestasi dari periode kemarin, tapi banyak juga masalah yang perlu kita perbaiki. Itu yang baik kita teruskan, yang kurang kita perbaiki," kata Prof Jimly usai dilantik sebagai anggota DPD masa jabatan 2019-2024, Selasa (1/10/2019).

Jimly melihat DPD RI merupakan cermin dari persatuan Indonesia. Oleh karena itu, dia ingin DPD kompak, terlebih akan ada pemilihan pimpinan MPR dalam kurun waktu dua hari mendatang.

"Sedangkan DPD itu fraksi terbesar di MPR, mestinya menentukan. Termasuk kalau kompak bisa ditawarkan karena semua partai sudah punya wakil dalam kepemimpinan MPR, maka sekarang kesempatan yang akan menjadi Ketua MPR dari DPD, tapi syaratnya harus kompak ini DPD," ucap Jimly.

Saat disinggung dirinya menjadi kandidat kuat Ketua DPD, Jimly tidak bakal menolak. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2003-2008 itu, hanya menyatakan dirinya siap jika diberikan mandat tersebut. Ia berjanji akan memperbaiki hal-hal yang belum baik.

Namun, keputusan penunjukan ketua, baik Ketua DPD maupun MPR, seluruhnya Jimly serahkan ke anggota DPD dan MPR lainnya. "Saya bukan ahli kasak-kusuk, jadi saya serahkan sepenuhnya pada anggota," kata dia.
 

Tag: dpd anggota dewan

Bagikan: