Yang Dikerjakan Anies Selama Dua Tahun Memimpin Ibu Kota

| 16 Oct 2019 15:47
Yang Dikerjakan Anies Selama Dua Tahun Memimpin Ibu Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Genap dua tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pemprov DKI memaparkan sejumlah pembangunan fisik yang telah dikerjakan. Pemprov mengaku serius mengerjakan proses pembangunan karena ingin perubahan dalam kenyataan, bukan dalam persepsi.

Dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Rabu (16/10/2019), dalam hal penataan trotoar, Pemprov DKI mengklaim selama dua tahun berjalan sudah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 kilomoter. Angka ini akan bertambah karena di tahun 2020, pemprov sudah menargetkan penambahan revitalisasi trotoar sepanjang 47 kilometer.

Dalam bidang transportasi, Pemprov DKI Jakarta sedang berusaha membangun integrasi antarmoda. Salah satunya dilakukan dengan peningkatan jumlah rute Transjakarta, dari 109 di tahun 2017 bertambah jadi 220 rute di tahun 2019. Jumlah armada juga bertambah dari 2.380 di tahun 2017, menjadi 3.548 armada di tahun 2019.

Baca Juga: Hujan Kritik untuk Dua Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan

Pengguna transportasi umum meningkat pesat, di mana dalam dua tahun terakhir, jumlah penumpang Transjakarta naik hampir dua kali lipat ke kisaran 640.000 orang per hari. Sebagai perbandingan, sejak program ini dimulai pada tahun 2004 hingga tahun 2017 jumlah rata-rata penumpang harian hanya ada di kisaran 300.000 penumpang per hari.

Dalam hal pengadaan rumah layak dan terjangkau, meski menuai kontroversi, pada tahun ini rumah DP 0 Rupiah di Nuansa Pondok Kelapa telah selesai dibangun dengan jumlah sebanyak 780 unit. Dengan kisaran harga cicilan Rp1,1 juta-Rp2,2 juta per bulan selama 20 tahun, warga DKI sudah bisa mendapatkan rumah untuk tipe studio, 1 kamar maupun 2 kamar. 

Selain di Pondok Kelapa, lokasi hunian layak berwujud apartemen itu selanjutnya akan berada di daerah Cilangkap, Jakarta Timur.

Soal ruang terbuka hijau, Pemprov DKI telah mencanangkan program 60 Taman Maju Bersama (TMB) sejak tahun 2017 sampai tahun 2019, dengan target 200 Taman Maju Bersama hingga tahun 2022. Prinsip dari taman ini adalah kolaboratif, ramah anak dan multifungsi.

Anies mengungkapkan, selama dua tahun memimpin Jakarta sudah banyak program pembangunan yang berjalan walau masih dalam perkembangan karena dirinya baru bekerja sekitar 40 persen.

"Rencana pembangunan yang kami susun dan rencanakan untuk dituntaskan selama lima tahun. Banyak yang sudah jalan, tapi masih in progres, karena masih 40 persen," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa kemarin.

Anies menyebutkan, selama dua tahun memimpin DKI Jakarta, ada sedikitnya 14 program unggulan Pemprov DKI Jakarta yang sudah berjalan. Yakni penataan trotoar, integrasi transportasi, pembangunan taman kota, pengadaan rumah DP Rp0, pembagian kartu kesejahteraan, distribusi pangan murah, perlindungan perempuan dan anak, serta beragam pergelaran bergengsi di Jakarta.

"Seluruh jajaran di lingkungan Pemprov DKI terus bekerja memaksimalkan segala pelayanan bagi warga Jakarta. Sesungguhnya banyak hal dikerjakan memerlukan waktu dan sebagian menimbulkan tantangan," tuturnya.

Rekomendasi