Perkenalkan, Inilah Menteri Jokowi-Ma'ruf Kabinet Indonesia Maju

| 23 Oct 2019 09:28
Perkenalkan, Inilah Menteri Jokowi-Ma'ruf Kabinet Indonesia Maju
Presiden Jokowi memperkenalkan menterinya yang menggunakan batik (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Sambil duduk lesehan di tangga pintu masuk Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memperkenalkan 38 nama Menteri dan pejabat setingkat menteri. Mereka duduk di tengah terik matahari pagi dengan suhu mencapai 32 derajat celsius.

Sebelum menyebut nama menterinya, Jokowi menyebut nama kabinet pembantunya di periode 2019-2024 sebagai Kabinet Indonesia Maju. Suasana berjalan terlihat santai saat Jokowi mengumumkan para menterinya.

Dia awalnya memperkenalkan para menterinya yang duduk di jajaran Menteri Koordinator (Menko) dimulai dari Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko polhukam).

"Saya ingin memperkenalkan yang pertama Prof Dr Mahfud MD sebagai Menko Polhukam, Menko Polhukam. Berdiri Prof. Beliau akan menjadi Menko Polhukam sehingga hal-hal yang berkaitan dengan korupsi, kepastian hukum, deradikalisasi, antiterorisme berada di wilayah Prof Mahfud MD," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Selanjutnya Jokowi memanggil nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Airlangga yang dalam posisi duduk kemudian berdiri ketika namanya dipanggil. "Saya kira kita ingin ada terobosan-terobosan dan menyinergikan antarkementerian sehingga ada peluang kerja yang semakin meningkat," ungkap Jokowi.

Selain mengenalkan Mahfud MD dan Airlangga Hartarto, Jokowi juga mengenalkan Muhadjir Effendy sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.

Selanjutnya Jokowi memperkenalkan nama-nama menteri lainnya. Eks CEO PT Gojek Indonesia, Nadiem Makarim yang menjabat Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud). "Saya panggilnya mas. Mas Nadiem Anwar Makariem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Jokowi.

Nadiem yang disebut namanya pun berdiri dan tersenyum kemudian melambaikan tangannya. Setelah Nadiem, giliran Erick Thohir yang namanya disebut oleh Jokowi.

Pada periode 2019-2024, mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf ini mendapatkan posisi sebagai Menteri BUMN. Sedangkan posisi Menteri Koperasi dan UKM bakal diemban oleh Teten Masduki yang sebelumnya sempat menjabat sebagai KSP.

Jokowi juga memperkenalkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan di kabinetnya. Hanya saja, saat mengumumkan Prabowo sebagai Menhan, dia tak menyebut apa saja yang jadi tugas Prabowo.

"Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto. Selamat pagi, Pak. Saya kira tugas beliau, saya tidak usah sampaikan. Beliau lebih tahu daripada saya," ungkap Jokowi sambil tersenyum.

Prabowo yang berdiri saat namanya disebut Jokowi juga memberikan hormat kepada atasannya tersebut.

Selain itu, Jokowi juga memperkenalkan nama lain seperti Johnny G Plate sebagai Menkominfo, Fachrul Razi sebagai Menteri Agama, Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) serta memperkenalkan dr Terawan sebagai Menteri Kesehatan.

 

Berikut lengkapnya nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024:

1. Menko Polhukam: Mahfud MD

2. Menko Perekonomian: Airlangga Hartarto

3. Menko Maritim dan Investasi: Luhut Panjaitan

4. Menko PMK: Muhadjir Effendy

5. Menhan: Prabowo Subianto

6. Mendagri: Tito Karnavian

7. Menlu: Retno LP Marsudi

8. Menag: Fachrul Razi

9. Menteri ATR: Sofyan Djalil

10. Mendes: Abdul Halim Iskandar

11. Menteri ESDM: Arifin Tasyrif

12. Menkumham: Yasonna H Laoly

13. Menteri KKP: Edhy Prabowo

14. Menkes: dr Terawan Agus Putranto

15. Menaker: Ida Fauziyah

16. Menkeu: Sri Mulyani

17. Menkominfo: Jhonny Plate

18. Menteri LHK: Siti Nurbaya Bakar

19. Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono

20. Mendikbud: Nadiem Makarim

21. Mendag: Agus Suparmanto

22. Menhub: Budi Karya Sumadi

23. Menperin: Agus Gumiwang Kartasasmita

24. Mentan: Syahrul Yasin Limpo

25. Bappenas: Suharso Monoarfa

26. Mensos: Juliari Batubara

27. Mensesneg: Pratikno

28. Menkop dan UKM: Teten Masduki

29. Menteri PPPA: I Gusti Ayu Bintang Darmavati

30. Menpan: Tjahjo Kumolo

31. Menpora: Zainudin Amali

32. Menteri BUMN: Erick Thohir

33. Menpar dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusbandio

34. Menristek: Bambang Brodjonegoro

35. Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia

36. Kepala KSP: Moeldoko

37. Seskab: Pramono Anung

38. Jaksa Agung: Burhanuddin

 

Rekomendasi