Warganet Kecewa Susi Pudjiastuti Tak Jadi Menteri Lagi

| 23 Oct 2019 09:51
Warganet Kecewa Susi Pudjiastuti Tak Jadi Menteri Lagi
Susi Pudjiastuti. (Anto/era.id)
Jakarta, era.id - Sejak dua hari kemarin, Presiden Jokowi telah memanggil deretan tokoh nasional dan pejabat politik ke Istana untuk mengisi kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Namun ada hal yang mengusik publik, tak ada batang hidung Susi Pudjiastuti yang melenggang masuk ke Istana.

Menteri Kelautan dan Perikatanan Susi Pudjiastuti atau sapaan akrabnya Bu Susi menjadi salah satu menteri kesayangan warganet. Sejak kemarin nama Susi sudah menjadi perbincangan hangat di linimasa Twitter. Bahkan tagar #WeWantSusi sempat menggema kemarin sore, Selasa (22/10).

Warganet menginginkan Susi untuk kembali menduduki posisi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Wanita yang dikenal nyentrik itu dinilai oleh publik sukses memerangi pencurian ikan ilegal (Illegal fishing) di laut Indonesia. 

Menteri Susi dikenal dengan kebijakan penenggalaman kapal bagi kapal yang dengan sengaja melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia. Menurutnya hal itu sangat efektif untuk menghilangkan illegal fishing dengan mengacu pada Pasal 76A UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Usai pengumuman nama-nama menteri yang akan duduk di Kabinet Kerja Jilid II, hari ini nama Susi kembali menjadi trending topic. Meski kecewa menteri kesayangannya tak dipilih, warganet ramai-ramai menyampaikan rasa bangganya dan terima kasih kepada Susi karena kinerjanya baiknya selama ini. 

"WeWantSUSI The most santuy, rock and roll minister.. Sir @jokowi this lady @susipudjiastuti is a big deal.. no one can replace her," tulis @Steven_s7.

Baca Juga: Perkenalkan, Inilah Menteri Jokowi-Ma'ruf Kabinet Indonesia Maju

 

"Thank you Bu Susi @susipudjiastuti. Sejak Ibu jadi menteri, maka Indonesia melihat bekerja lebih penting dari gelar, hasil lebih penting dari penampilan, dan kepentingan serta kehormatan bangsa diatas segala kepentingan lainnya. #terimakasihbususi," ucap Yosef Gunawan dalam kicauannya.

Baca Juga: Titah Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju: Jangan Korupsi!

Sementara itu, warganet lainnya dalam akun Ikraman Wahyudi mengatakan "Dari awal sudah ketebak. Memang tidak ada tempat untuk orang yang tegas dan komitmen seperti Bu Susi di pemerintahan #WeWantSUSI".

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk politisi Gerindra Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Penunjukan Edhy ini menggantikan posisi Susi Pudjiastuti. 

 

Rekomendasi