Idham Aziz Calon Tunggal Kapolri Gantikan Tito Karnavian

| 23 Oct 2019 13:24
Idham Aziz Calon Tunggal Kapolri Gantikan Tito Karnavian
Idham Aziz saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya (era.id)
Jakarta, era.id - Jenderal Polisi Tito Karnavian resmi meninggalkan dari jabatannya setelah diangkat jadi Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju.

Sebagai penggantinya, Presiden Jokowi mengajukan satu nama calon yang digadang-gadang sebagai pengganti Tito. Nama pengganti Tito sudah diserahkan ke DPR untuk dilakukan fit and proper test.

"Pengganti Kapolri adalah sudah kami ajukan juga ke DPR Pak Idham Azis Kabareskrim. Ya satu saja," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Terpisah, dilansir Antara, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, DPR telah menerima surat presiden yang berisikan pengajuan nama Komisaris Jenderal Polisi Idham Aziz sebagai calon kepala Kepolisian Presiden, menggantikan Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang telah dilantik menjadi menteri dalam negeri. Idham saat ini menjabat sebagai kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia. 

"Iya benar, namanya Pak Idham Aziz yang tertera dalam Surpres," kata Dasco yang menambahkan surat presiden itu baru diterima DPR pukul 09.00 WIB hari ini. 

Menurut dia, proses selanjutnya adalah uji kelayakan dan kepatutan setelah pimpinan dan anggota Komisi III DPR terbentuk. "Menunggu Komisi III DPR disepakati dulu pada pekan depan, setelah itu langsung diadakan uji kelayakan," ujar sambil mengatakan sebelum ada pergantian, Polri dipimpin oleh pelaksana tugas, yaitu Komjen Ari Dono.

Tags : polri
Rekomendasi