Sosok Kabareskrim Komjen Listyo Sigit di Mata Tito Karnavian

Tim Editor

Tito Karnavian Saat Menjadi kapolri (Gabriella Thesa/era.id)

ERA.id - Mantan Kapolri, Tito Karnavian ikut memberikan dukungan kepada Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Tito, Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri itu merupakan sosok yang tegas dan cocok untuk mengemban jabatan sebagai orang nomor satu di jajaran Polri.

"Pak Sigit sangat tegas, beliau sangat tegas. Sehingga, saya berpandangan Pak Sigit sudah sangat siap jadi Kapolri. dan saya doakan semoga prosesnya lancar, dan saya doakan bisa mengemban amanah ini dengan baik," ujar Tito di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Tito yang pernah menjabat sebagai Kapolri pada periode 2016 hingga 2019 mengaku sangat mengenal Listyo Sigit. Sebab di bawah kepemimpinan Tito, dia pernah memerintahkan Listyo Sigit untuk memegang dua jabatan strategis yaitu Kapolda Banten dan Kadiv Propam Mabes Polri.

Hasilnya, menurut Tito tidak mengecewakan. Misalnya, pada saat menjadi Kapolda Banten tercatat Listyo Sigit mampu memimpin daerah tersebut dengan baik. Begitu juga ketika memegang jabatan Kadiv Propam.

Pujian Tito untuk Listyo Sigit juga diberikan saat menjabat sebagai Kabareskrim di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Idham Aziz. Diketahui, Listyo Sigit menjabat Kabareskrim sejak Desember 2019 lalu.

"Semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau. Sehingga saya merasa bahwa Pak Sigit meskipun berusia muda tapi matang. Sudah cukup matang di pengalaman di kewilayahan, di teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang serse, Kabareskrim. Jabatan yang sangat strategis di Polri," kata Mendagri ini.

"Saya ucapkan selamat kepada Pak Sigit yang dipilih menjadi calon tunggal Kapolri," kata Tito.

Sebelumnya, Pihak Istana Kepresidenan yang diwakili oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah mengantarkan Surat Presiden (Surpres) terkait penunjukan calon Kapolri ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Adapun nama yang diajukan Jokowi yaitu Kabareskrim Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz.

Komisi III DPR RI juga sudah mengundang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) pada Senin (18/1/2021). Adapun agenda RPDU hari ini adalah meminta masukan terkait dengan uji kelayakan calon kapolri Komjen Listyo Sigit.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan, pihaknya akan memperdalam soal pengajuan nama Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri tunggal yang dipilih Presiden Joko Widodo. Sementara uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test rencananya digelar pada Rabu (20/1/2021).

"Kami perdalam terkait calon Kapolri tunggal. (Uji kelayakan dan kepatutan) Rabu tanggal 20 Januari jam 10:00 pagi, jadwalnya Rabu," kata Sahroni kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Tag: calon kapolri komjen pol listyo sigit kabareskrim

Bagikan: