Agus Prayogo Sumbang Emas Pertama Atletik di Tengah Cuaca Ekstrem

| 06 Dec 2019 13:15
Agus Prayogo Sumbang Emas Pertama Atletik di Tengah Cuaca Ekstrem
Atlet lari Agus Prayogo finis pertama di nomor marathon SEA Games 2019. (Twitter @The2019SEAGames)
New Clark City, era.id - Atlet lari Agus Prayogo finis pertama di nomor marathon SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Atletik New Clark City, Clark, Filipina, Jumat (6/12/2019). Kemenangan ini jadi emas pertama yang disumbangkan cabor atletik bagi Indonesia.

Di pagi hari yang terik itu, Agus menyelesaikan lomba sepanjang 42km dalam waktu dua jam 26 menit 48 detik. Ia mengibarkan bendera Merah Putih di atas pundaknya jelang garis finis.

Suhu udara dan kelembaban yang tinggi serta jadwal yang kurang menguntungkan menjadi tantangan terberat Agus Prayogo. Nomor maraton putra pagi itu start pukul 05:45 waktu setempat, di mana langit sudah terang di sekitar arena atletik yang terletak sekitar 110 km di utara Manila. 

"Saya senang sekali kembali menyumbangkan medali emas untuk Indonesia," kata Agus usai lomba, seperti dikutip Antara, Jumat (6/12/2019).

"Ini adalah medali emas pertama saya buat marathon dan medali emas pertama atletik mudah-mudahan ini jadi motivasi untuk teman-teman atletik bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia."

 

Tantangan terbesar bagi peraih emas lari 10000m SEA Games 2015 ketika turun di Filipina adalah kondisi jalan yang 90 persen terdiri dari lantai beton. Agus pun harus memainkan strateginya sejak awal, menjaga staminanya di belakang pelari Thailand sebelum menyerang di 3 km terakhir untuk merebut pimpinan lomba.

"Saya sangat puas. Ini bukan waktu terbaik saya, tapi waktu terbaik saya di musim ini, dengan cuaca yang cukup ekstrim dan rute yang kurang menguntungkan," kata dia.

Atlet Thailand Sanchai Namkhet finis kedua 30 detik berselang untuk medali perak. Muhaizar Mohamad dari Malaysia finis lima menit 50 detik kemudian untuk melengkapi podium dengan medali perunggu. Atlet Indonesia lainnya Welman David Pasaribu finis keempat dengan selisih enam menit 59 detik dari catatan waktu Agus.

Sementara itu di nomor marathon putri Odekta Elfina Naibaho gagal mengamankan medali setelah emas jatuh ke tangan Christine Hallasgo dari Filipina, sedangkan perak diraih kompatriot senegara Mary Joy Tabal. Perunggu direbut Hong Li Pham Ti dari Vietnam.

Sekadar informasi, besok Agus Prayogo akan langsung turun di nomor 10000m yang akan start pukul 18:10 waktu setempat.

 

Rekomendasi