Bos Baru Bank Mandiri, dari Eks Dirut Hingga Mantan Menkeu

| 09 Dec 2019 16:36
Bos Baru Bank Mandiri, dari Eks Dirut Hingga Mantan Menkeu
Chatib Basri dan Sri Mulyani (Instagram)
Jakarta, era.id - Bank Mandiri merombak susunan direktur dan komisaris setelah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin (9/12/2019).

RUPS Luar Biasa mengangkat Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo sebagai Komisaris Utama dan mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia periode 2013-2014, Muhamad Chatib Basri, sebagai Wakil Komisaris Utama.

"Kartika yang sebelumnya menjabat Direktur Utama, akan memastikan seluruh corporate plan yang sudah dirancang dapat terealisasi dengan baik. Selain itu, Kartika Wirjoatmodjo juga akan memastikan rencana ekspansi regional perseroan berjalan dengan baik serta melakukan restrukturisasi kredit-kredit besar di BUMN," papar Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas melalui keterangan tertulisnya, Senin (9/12/2019).

Para emegang saham, kompak mengangkat Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama dan Silvano Rumantir sebagai Direktur Keuangan dan Strategi.

Rohan mengatakan, jajaran pengurus yang telah ditetapkan oleh pemegang saham merupakan orang-orang yang terbaik yang diharapakan mampu berkolaborasi dalam mengembangkan bisnis perseroan, khususnya di segmen korporat dan retail, sesuai mandat pemegang saham.

"Pengurus baru juga optimis akan dapat melaksanakan fungsi perseroan sebagai agen pembangunan dan agen pencipta nilai secara berkelanjutan guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia," kata Rohan.

Dengan demikian, susunan direksi perseroan menjadi sebagai berikut: Direktur Utama Royke Tumilaar, Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto, Direktur Consumer dan Retail Transaction Hery Gunardi, Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin, Direktur Information Technology Rico Usthavia Frans, Direktur Treasury, International Banking dan SAM Darmawan Junaidi, Direktur Corporate Banking Alexandra Askandar, Direktur Kepatuhan dan SDM Agus Dwi Handaya, Direktur Hubungan Kelembagaan Donsuwan Simatupang, Direktur Commercial Banking Riduan, Direktur Keuangan dan Strategi Silvano Winston Rumantir serta Direktur Operations Panji Irawan.

Sedangkan susunan komisaris perseroan menjadi: Komisaris Utama Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Komisaris Utama Muhamad Chatib Basri, Komisaris Independen Mohamad Nasir, Komisaris Independen Robertus Bilitea, Komisaris Independen Makmur Keliat, Komisaris Ardan Adiperdana, Komisaris R. Widyo Pramono, dan Komisaris Rionald Silaban.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap penunjukan dirut dan komut Bank Mandiri yang baru bisa membuat Bank Mandiri bisa bersaing dengan bank lainnya di Asia.

"Hari ini Bank Mandiri Alhamdulillah Pak Chatib Basri yang bekas Menteri Keuangan bisa membantu Bank Mandiri, supaya bisa juga bersaing di Asia Tenggara, tapi juga terus berkembang di Indonesia," kata Erick di Jakarta.

Tags : bumn
Rekomendasi